Naposobulung HKBP Tewas Tenggelam di Danau Toba

Share this:
Pantai Pasir Putih Desa Parparean II, Kecamatan Porsea.

TOBA, BENTENGTAPAULI.com – Rencana yang awalnya ingin berwisata malah berakhir naas. Itulah yang menimpa Tio Manalu (17), remaja warga Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, yang meninggal dunia akibat tenggelam saat berusaha mengejar pelampung di Danau Toba di Pantai Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Minggu (13/8/2023) sekira pukul 14.00 WIB.

Baca: Kisah Pilu dari Ajibata, Anak Semata Wayang Tenggelam, Ditemukan Anak ‘Pemburu’ Koin

Baca: Ivan Manalu dan Adik Perempuannya Meninggal Akibat Tenggelam

Kapolsek Porsea AKP Daniel Aritonang mengatakan, korban merupakan anggota Naposobulung (Pemuda Gereja) HKBP Pardomuan Nauli Titipapan Medan. Korban datang berwisata ke Danau Toba bersama rombongan pemuda gereja sebanyak 35 orang.

“Sebanyak 35 orang rombongan muda/i Gereja HKBP Pardomuan Nauli berangkat dari gereja menggunakan 1 unit mobil bus pariwisata menuju Pasir Putih Desa Parparean II Porsea. Tiba di lokasi sekira pukul 08.00 WIB, kegiatan yang dimulai dengan sarapan pagi dilanjutkan dengan ibadah dan kegiatan lainnya. Sekira pukul 12.00 WIB, seluruh kegiatan telah selesai lalu makan siang dan acara bebas,” ujar Daniel Aritonang.

Sekira pukul 14.00 WIB, korban Rio Manalu bersama Berkat Simanjuntak dan Yosua Lenius Sianturi berenang mengejar pelampung berupa ban. Tanpa sadar ketiganya berenang terlalu jauh. Ketiganya kelelahan saat berusaha kembali ke tepi danau. Pengunjung dan temannya yang berada di lokasi pun berusaha menolong. Naas, saat tiba di pantai Rio Manalu telah meninggal dunia.

“Ketiganya langsung dilarikan ke RSUD Porsea. Setelah mendapatkan pertolongan medis, kedua teman korban, yakni Berkat Simanjuntak dan Yosua Lenius Sianturi berhasil diselamatkan,” tutur Daniel Aritonang.

Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Polsek Porsea Ipda Tarsan Simangunsong mengatakan pihaknya mendapatkan laporan tersebut langsung berkoordinasi dengan Camat Porsea Edward Sidabutar dan Plt Kades Parparean II Ertika Sinaga SE dan mengerahkan personelnya menuju lokasi.

Baca: Perjusami Maut di Ajibata, Siswi SMA 1 Siantar Tenggelam di Danau Toba

Baca: Weekend Kelabu, Siswi MAN 2 Sidimpuan Tenggelam di Air Terjun Kembar Tapsel

Sebelum korban dibawa ke rumah duka Medan, Kapolsek Porsea bersama Camat Porsea berupaya membantu meringankan biaya rumah sakit setelah berkoordinasi dengan pihak RSUD Porsea.

“Korban Rio Manalu sudah dibawa ke rumah duka dari Rumah Sakit RSUD Porsea sekira pukul 18.25 WIB menuju Medan menggunakan mobil ambulans PBB. Sementara, Berkat Simanjuntak dan Yosua Lenius Sianturi kondisinya sudah mulai sehat dan akhirnya pulang bersama rombongan ke Medan,” pungkas Daniel.

Share this: