Viral Angin Puting Beliung di Danau Toba, Ternyata Ini Kata BMKG

Share this:
Cuplikan gambar dua angin putting beliung di Danau Toba.

DANAU TOBA, BENTENGTAPANULI.com– Video viral yang memperlihatkan dua angin puting beliung di perairan Danau Toba cukup menghebohkan dunia maya. Agar tidak terjebak dalam dugaan-dugaan yang ngawur, mari kita Simak penjelasan BMKG.

BMKG menyebut angin puting beliung terjadi karena faktor cuaca yang labil. Focaster BMKG Wilayah I Nora Sinaga menjelaskan, fenomena seperti itu merupakan hal normal. Bahkan sering terjadi di perairan Danau Toba.

Baca: Kura-kura Dilepas di Danau Toba Tanpa Izin, Warga Protes

Baca: Protes atas Pencemaran Danau Toba, Bule Asal Jerman Ikut Demo di DPRD Sumut

“Ini normal. Biasanya kita sebut dengan water spot. Fenomena alam tapi di permukaan air cukup seluas,” ujarnya, Senin (14/8/2023).

Menurut dia, peristiwa itu terjadi karena kondisi cuaca yang labil. Adapun pembentukan pusaran angin ini diduga berasal dari awan sibi.

“Biasa dari awan sibi atau awan cumulunimbus namun tidak semua awan sibi membentuk angin puting beliung ini. Ini terjadi karena cuaca cukup labil. Bisa panas kemudian dingin di suatu perairan yang menyebabkan terjadinya fenomena ini,” jelasnya.

Nora menyebutkan bahwa fenomena ini biasa terjadi pada bulan Juli-Agustus saat terjadi musim peralihan dari kemarau ke hujan.

Diketahui video yang memperlihatkan dua pusaran angin puting beliung di Danau Toba viral di media sosial. Dilihat dari video viral tampak angin puting beliung berputar di tengah perairan Danau Toba dan diambil dari sekitaran Tara Bunga, Kabupaten Toba.

Baca: Angin Puting Beliung Porak-porandakan Pasar Tradisional Porsea

Baca: Lewat Workshop Animasi, BPODT Buka Ruang Untuk Anak Kawasan Danau Toba Tembus ke Hollywood

Pusaran angin puting beliung direkam warga di Danau Toba pada Minggu 13 Agustus 2023 sore.

Share this: