Protes atas Pencemaran Danau Toba, Bule Asal Jerman Ikut Demo di DPRD Sumut

Share this:
Annette Horschmann

MEDAN, BENTENGTAPANULI.com – Ratusan orang dari Aliansi Peduli Danau Toba yang terdiri dari masyarakat yang tergabung dalam 23 kelompok menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, dijadwalkan hari ini, Senin (18/2/2019).

Koordinator aksi Nico Nadeak, Ketua Horas Bangso Batak Lamsiang Sitompul tampak sudah mulai bergerak mengajak massa untuk berkumpul sembari menghubungi rekan-rekan lainnya.

BACA: Dinas Lingkungan Hidup Sumut Akui 91% Air Danau Toba Tercemar

Dan, di antara keramaian massa, tampak seorang bule. Ternyata dia adalah seorang aktivis lingkungan berkebangsaan Jerman bernama Annette Horschmann (51). Annette mengatakan bahwa dirinya sudah 25 tahun menetap di Tuktuk Siadong, Pulau Samosir.

Bahkan, dirinya sudah mendapatkan Boru Siallagan dan bersuamikan lelaki bermarga Silalahi. Saat ini, aktivitasnya sehari-hari adalah mengelola Hotel Tabo, di Samosir.

Dia mengaku bahwa dirinya begitu cinta akan Danau Toba. Dia sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga keselstarian Danau Toba, seperti turun langsung membersihkan sampah dari kawasan Danau Toba bersama warga dan sejumlah tokoh.

BACA: Bupati se-Kawasan Danau Toba Paparkan Kaldera Toba pada Tim Assesor Unesco

Wanita yang sudah fasih berbahasa Batak Toba ini juga mengaku turut di aktivitas pengenalan Geopark Kaldera Toba yang saat ini tengah didorong agar tergabung dalam UNESCO Global Geopark.

Share this: