Debo Sihombing, Sang Desainer yang Selalu Langganan Juara Lomba Fesyen

Share this:
Debo Sihombing berfoto bersama Bupati Dairi

DAIRI, BENTENGTAPANULI.com – Debo Sihombing, desainer asal Sidikalang, Kabupaten Dairi, berhasil memenangkan berbagai trofi juara dalam ajang festival lomba desainer dan fashion show yang digelar oleh berbagai kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Debo merupakan pemilik usaha rumah mode ‘Debs.id’.

Baca: Ulos Khas Silahisabungan Dipamerkan pada Peragaan Busana di Belgia

Baca: Sihar Sitorus Gandeng Bank Indonesia Bina Penenun Uluan

Debo mengungkapkan berbagai prestasi yang diperolehnya selama ini tidak terlepas dari binaan dan pendampingan serta dukungan berbagai pihak, di antaranya Pemerintah Kabupaten Dairi lewat Disperindagkop & UMKM Kabupaten Dairi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi. Pelatihan itu menjadi bagian dari program yang diinisiasi oleh Bupati Dairi Eddy Berutu untuk mewujudkan pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif yang mandiri dan berkembang.

“Pelatihan-pelatihan dan pembinaan yang dilakukan, menjadikan kami para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Dairi memiliki skill dan keahlian di bidang masing-masing, karena secara langsung mendatangkan para pelatih dan mentor-mentor yang ahli di bidangnya,” ungkap Debo dalam keterangan tertulis, Rabu (9/8/2023).

Tidak hanya itu, wanita yang hobi berburu kuliner itu juga mengungkapkan Pemkab Dairi melalui dinas terkait memberikan perhatian yang cukup baik kepada para pelaku ekonomi kreatif, termasuk usahanya untuk bisa terlibat di berbagai event-event yang digelar di Kabupaten Dairi.

“Dari pembekalan dan pengalaman yang didapat itu, saya akhirnya berani dan percaya diri untuk ikut tampil di event-event yang digelar di luar kota. Dan bersyukur, produk Debs.id sering menjadi juara. Terimaksih kepada semua pihak atas dukungan selama ini yang diberikan kepada kami para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Dairi khususnya Pemkab Dairi. Semoga kedepan perhatiannya semakin besar untuk perkembangan UMKM yang ada di Kabupaten Dairi sebagaimana visi-misi Bupati Dairi Eddy Berutu,” pungkas perempuan yang juga merupakan pengurus Komunitas UMKM Dairi itu.

Baca: Pakaian Berbahan Ulos Karya Alma Naibaho Ditampilkan di Korea Selatan

Baca: Kali Kedua Presiden RI Kunjungi Kampung Ulos Huta Raja, Jokowi: Revitalisasi Ini Baik atau Baik?

Berikut Prestasi Juara yang berhasil diraih Debo.
– Juara I Festival Fashion di Pesta Njuah-Njuah di Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi tahun 2019
– Juara II Kompetisi Desain dan Fashion Bahan Ulos di Geosite Huta Ginjang, Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2021.
– Juara II Festival Fashion di Pesta Njuah-Njuah di Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi tahun 2022.
– Juara II Lomba Fashion Show ‘Etnik Ulos di Balige, Kabupaten Toba.
– Juara II Festival Fashion di Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023.

 

Share this: