Kali Kedua Presiden RI Kunjungi Kampung Ulos Huta Raja, Jokowi: Revitalisasi Ini Baik atau Baik?

Share this:
BMG
Keramaian saat kunjungan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri di Kampung Ulos Huta Raja, Desa Lumbansuhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Teriakan histeris dan sorak bahagia dari ratusan warga mengisi kawasan Kampung Ulos Huta Raja, Desa Lumbansuhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir saat menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Rabu (2/2/2022). Diketahui, Kabupaten Samosir termasuk dalam kabupaten yang dikunjungi dalam dalam kunjungan kerja presiden di Sumatera Utara.

Sebelum kedatangan presiden, seluruh masyarakat dan pegawai Pemkab Samossir sudah melakukan gotong royong membersihkan berbagai kawasan di Samosir, khususnya Desa Siallagan Pindaraya, Kecmatan Simanindo dan Desa Lumbansuhi Toruan, yang merupakan lokasi kunjungan.

Baca: Ramai di Medsos Sepatu Presiden Disembunyikan di Atas Pintu, Begini Faktanya…

Baca: Presiden Jokowi ke Samosir Monitoring Proyek Nasional

Rombongan Presiden RI yang turut didampingi Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PU/PR Basuki Hadimuljono, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat lainnya dari unsur TNI/Polri tiba di Pelabuhan Ambarita sekitar pukul 16.10, yang disambut oleh Bupati-Wakil Bupati Samosir Vandiko Gultom-Martua Sitanggang dan Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan.

Selanjutnya, rombongan lagsung menuju Objek Wisata Batu Kursi Parsidangan Siallagan yang disambut dengan Tortor oleh anak-anak sanggar desa setempat. Di objek wisata ini, Presiden Jokowi meresmikan panel dan penataan kawasan Siallagan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Selanjutnya, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Kampung Ulos Huta Raja di Desa Lumbansuhi Toruan. Di sana, presiden juga disambut Tortor dan disematkan Ulos. Pria yang baru saja dinobatkan menjadi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia ini pun menyapa para penenun dan meninjau bangunan-bangunan rumah adat Batak yang telah direvitalisasi. Kemudian, beliau meresmikan pembangunan revitalisasi kawasan Huta Raja yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Baca: Cicipi Kopi Tabodo di Geosite Sipinsur Humbahas, Jokowi: Enak

Baca: Kunjungan Menparekraf ke Samosir: Agar Dali Nihorbo dan Dekke Naniura Diberikan Hak Kekayaan Intelektual

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap revitalisasi kawasan Huta Raja berjalan dengan sangat baik.

“Hari ini saya melihat penataan Kampung Ulos Huta Raja. Kita harapkan dengan revitalisasi ini, konservasi budaya, utamanya kain ulos, bisa kita lakukan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: