Desa Hutatinggi di Samosir Raih Desa Wisata Terbaik pada ADWI 2021

Share this:
REL
Pegiat Desa Wisata Hutatinggi saat menerima penghargaan dari Menparekraf pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Adapun masing-masing desa wisata di tujuh kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai yang beragam mulai dari Rp10 juta. Untuk desa wisata pada peringkat pertama di setiap kategori hadiahnya adalah Rp30 juta. Sementara peringkat kedua mendapatkan hadiah Rp25 juta, peringkat ketiga Rp20 juta, peringkat keempat Rp15 juta, dan peringkat kelima Rp10 juta.

Selain tujuh kategori tersebut, ada tiga kategori lainnya yang melombakan desa-desa dalam kelas Rintisan, Berkembang dan Maju, yakni:
Desa Wisata Terbaik Kategori Desa Wisata Rintisan: Desa Wisata Kampung Blekok di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur; Desa Wisata Pandanrejo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah; Desa Wisata Rigis Jaya di Kabupaten Lampung Barat, Lampung; Desa Wisata Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara; Desa Wisata Cikolelet di Kabupaten Serang, Banten.

Baca: Wow! 7 Investor Tanam Modal Rp6,1 Triliun di Kawasan Danau Toba

Baca: Presiden Jokowi ke Humbahas Tinjau Kawasan Lumbung Pangan

Desa Wisata Terbaik Kategori Desa Wisata Berkembang: Desa Wisata Tenganan Pegringsingan di Kabupaten Karangasem, Bali; Desa Wisata Bubohu Tongo di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo; Desa Wisata Karanganyar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah; Desa Wisata Detusoko Barat di Kabupaten Ende, NTT; Desa Wisata Ara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Desa Wisata Terbaik Kategori Desa Wisata Maju: Desa Wisata Ngilngof di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku; Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah; Desa Wisata Kaki Langit Mangunan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta; Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat; Desa Wisata Dewi Sambi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Masing-masing desa wisata di tiga kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai yang beragam mulai dari Rp10 juta. Untuk desa wisata pada peringkat pertama di setiap kategori hadiahnya adalah Rp40 juta. Sementara peringkat kedua mendapatkan hadiah Rp30 juta, peringkat ketiga Rp20 juta, peringkat keempat Rp15 juta, dan peringkat kelima Rp10 juta.

Selain tiga kategori tersebut, ada dua kategori khusus yakni Desa Wisata Terfavorit dan Desa Wisata Mandiri Inspiratif. Desa Wisata Terfavorit ADWI 2021 dipilih melalui pemilihan suara yang diambil pada 1-5 Desember 2021. Pemenangnya adalah Desa Wisata Cikolelet di Kabupaten Serang, Banten, dengan 75.046 suara.

Baca: Jokowi Resmikan Kampanye Beli Kreatif Danau Toba

Baca: Ada Objek Wisata Kuburan di Atas Pohon di Samosir, Begini Kisahnya…

Sementara Desa Wisata Mandiri Inspiratif adalah kategori khusus yang terdiri dari tujuh desa wisata ternama yang sudah dikenal oleh sebagian besar wisatawan, dan jam terbangnya sudah lebih dulu dari desa-desa lainnya, yakni:
Desa Wisata Mandiri Inspiratif: Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah; Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat; Desa Wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta; Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali; Desa Wisata Pemuteran di Kabupaten Buleleng, Bali; Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta; Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Share this: