Rektor IAKN Tarutung Audiensi ke Menag: Usulkan Universitas Kristen Negeri Pertama di Indonesia

Share this:
Rektor IAKN Tarutung Lince Sihombing melakukan audiensi ke Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

JAKARTA, BENTENGTAPANULI.com – Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung Lince Sihombing melakukan audiensi ke Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Auidensi itu untuk membahas transformasi Institut Agama Kristen Negeri pertama yang nantinya akan menjadi universitas.

Baca: Bupati Ini Kirim Surat ke Presiden, Minta Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya

Baca: Dosen USU Duduki Peringkat I Publikasi Ilmiah Tingkat Nasional

Lince Sihombing menyampaikan bahwa pertemuan ini menjadi spirit bagi IAKN Tarutung untuk terus berupaya melengkapi persyaratan kelengkapan administrasi menuju universitas. “Konsultasi dan konsolidasi ke berbagai pihak terkait sudah kita lakukan untuk transformasi ini, seperti penambahan program studi dan persyaratan lainnya,” kata Lince, Rabu (10/2/2021).

Lince menyampaikan, komunikasi terkait transformasi IAKN Tarutung menuju universitas ini juga terus dilakukan kepada pemda dan Menpan-RB di pusat. “Kami juga terus meminta arahan kepada Sekjen Kemenag dan Dirjen Bimas Kristen,” ujarnya.

Lince menambahkan, IAKN Tarutung hadir untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi hamba Tuhan yang setia, memiliki kedewasaan dan ketangguhan iman, berwawasan oikumenis, mampu menguasai ilmu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari dan program studi yang diikuti dan ilmu pengetahuan lainnya yang terkait.

“Dalam kesempatan ini, kami menyerahkan proposal transformasi IAKN Tarutung menjadi universitas dan kami mohon dukungan Bapak Menteri Agama. Bila ini terwujud, maka IAKN Tarutung akan menjadi universitas Kristen Negeri pertama di Indonesia. Kami akan menampung anak-anak kampung di tujuh kabupaten di Sumut untuk menempuh pendidikan lebih tinggi di UKN Tarutung nantinya,” harap Lince.

Di IAKN Tarutung, saat ini juga ada puluhan mahasiswa Papua yang mendapat beasiswa dan IAKN menggratiskan asrama kepada mahasiswa tersebut.

Baca: Perguruan Tinggi di Sumut Harus Gali Potensi Perekonomian

Baca: Menanamkan Sadar Wisata kepada Siswa SMPN 1 Pangururan

Menag menyatakan, Kementerian Agama siap mendukung transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas, tentunya dengan melengkapi berbagai syarat yang sudah ditetapkan.

“Kristen harus punya universitas negeri. Saya akan membantu dan mendorong maksud baik Bu Rektor menjadikan IAKN menjadi universitas. Saya komitmen untuk membantu mewujudkannya,” ujar Menag.

Share this: