Kamu Harus Hadir! Event Samosir Music International, Nyanyi Lagu Batak Bersama Musisi Dunia

Share this:
Pelaksanaan event SMI 2019 lalu.

SAMOSIR, BENTENGTIMES.com – Agustus adalah bulan yang istimewa bagi Kamu para wisatawan, karena bulan ini adalah waktu digelarnya event paling spektakuler di Indonesia, yaitu Samosir Music International (SMI), tepatnya 25-26 Agustus 2023 di Openstage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetti Naibaho menyampaikan bahwa event SMI merupakan salah satu event pariwisata terbesar di Indonesia. Hal ini terbukti karena SMI masuk dalam 10 Besar Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan Calendar of Events Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republiki Indonesia (Kemenparekraf RI).

Baca: Ini Artis Papan Atas Yang Akan Tampil di ‘Samosir Music International’ 25 Agustus Mendatang

Baca: Yang Berbeda dari Samosir Music International, Musisi Wajib Bisa Bawakan Lagu Batak

“SMI adalah event paling konsisten yang diselenggarakan di Samosir, sejak 2014 sampai sekarang. Tidak terlaksana hanya pada pandemi Covid-19 tahun 2020 hingga 2022. Sejak digelar tahun 2014, perhelatan event SMI selalu menyajikan hal yang baru dan istimewa. Memasuki event ke-7 di tahun ini, kita tentunya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyajikan hal yang lebih spektakuler,” ujar Tetti.

Dikatakan, pelaksanaan event ini diharapkan mampu mendongkrak kembali kunjungan wisatawan ke Samosir pasca Covid-19. Sebab, berdasarkan data beberapa tahun sebelumnya, pada pelaksanaan event SMI, okupansi hotel di Samosir, khususnya di Kawasan Simanindo, sangat padat. Begitu juga kunjungan ke restoran, coffee shop, objek wisata dan berbagai usaha pariwisata lainnya.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Samosir mengundang para Sobat Wisata untuk hadir pada perhelatan SMI ini. Kamu harus jadi bagian dalam event terakbar di Indonesia tahun ini,” ajak Tetti.

Sementara Henry Manik selaku Project Director SMI menyampaikan bahwa ada banyak pertunjukan pada event SMI ini. Yang pertama, tentunya menghadirkan musisi-musisi dari Eropa dan Asia, diantaranya Tomasso Primo dan Stella Manfredi dari Italia, Anna Bucheger dan Hermann Delago and Band dari Austria dan Salam Musik dari Malaysia.

Selain itu, juga menghadirkan musisi asal Indonesia, yaitu Vicky Sianipar and Band, Alsant Nababan, Tongam Sirait dan Candil yang sudah malang melintang dalam perhelatan musik nasional. Selain itu, ada beberapa side event untuk meramaikan event, yaitu food festival, pertunjukan budaya Tortor modern, Zumba dan pameran UMKM.

“Tentunya kita berharap event ini memberikan dampak positif untuk para pelaku UMKM, seniman, budayawan dan pelaku usaha pariwisata lainnya, demi kesejahteraan Masyarakat Samosir dan
perkembangan pariwisata Danau Toba, khususnya Samosir,” ujar Henry Manik.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk pemesanan tiket SMI, bisa secara online, yaitu langkah pertama buka akun official Instagram Samosir Music International, lalu buka link yang ada di bio, klik tickecting service, lanjut pilih event SMI Festival 2023, klik icon tiket yang ada paling bawah, check out tiket sesuai jumlah yang kalian mau, lalu kalian wajib isi biodata dan jangan sampai salah karena tiket Kamu akan dikirim sesuai yang Kamu isi, lalu selesaikan pembayaran dan langsung cek email dan akan ada pemberitahuan Kamu udah berhasil membeli tiket SMI.

Baca: Malam Pertama di Samosir Music International 2019, Begitu Romantis

Baca: Wisatawan Pun Terbius oleh Keunikan Event Horja Bius

Sementara, panitia juga melayani pembelian secara tunai di lokasi, dengan rincian harga usia 0-5 tahun gratis, 6-12 tahun Rp20 ribu, pelajar asal Samosir Rp30 ribu, pelajar luar Samosir Rp50 ribu, dewasa asal Samosir Rp50 ribu, dewasa luar Samosir Rp125 ribu. Untuk membuktikan Kamu warga Samosir atau tidak, diwajibkan menunjukkan KTP atau Kartu Pelajar.

Share this: