Waduh! Nenek Boru Panggabean Usia 76 Tahun Bunuh Tetangga

Share this:
Tersangka MP yang menghabisi nyawa tetangganya.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Peristiwa pembunuhan antara 2 orang lanjut usia (lansia) menghebohkan warga Kabupaten Samosir. M br Panggabean atau MP (76), ditangkap karena membunuh tetangganya, L br Harianja atau LH (70), Sabtu (5/8/2023).

Awal peristiwa ini karena MP kesal lantaran LH diduga mencuri buah kemiri miliknya. Kasat Reskrim Polres Samosir AKP Natar Sibarani mengatakan, sebelum pelaku ditangkap, pihaknya mendapat informasi penemuan mayat korban di Dusun I, Desa Onanrunggu, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir, Kamis (3/8/2023) sekira pukul 16.45 WIB. “Mayat (korban) dalam keadaan tergeletak menyamping dekat pohon pisang di belakang rumah pemukiman warga,” ujar Natar, Senin (7/8/2023).

Baca: Terungkap! Ini Pelaku dan Motif Pembunuhan Satu Keluarga di Samosir

Baca: Tragedi Oknum Polisi Ditemukan Meninggal, Ada Racun Sianida, Dibunuh atau Bunuh Diri?

Peristiwa ini kemudian dilaporkan polisi. Dari penyelidikan ditemukan sejumlah luka pada bagian tubuh korban. Hasil pemeriksaan tubuh luar ditemukan luka memar berwarna merah kebiruan pada bahu kiri dan kanan korban. Lalu dari luka bagian dalam ditemukan resapan darah pada kulit kepala pada bagian dalam sisi kiri, kanan depan dan belakang. “Kesimpulan sementara (waktu itu) sebab kematian (korban), akibat kekerasan benda tumpul pada kepala korban,” ungkap Natar.

Kemudian dari pemeriksaan saksi dan analisis barang bukti, pelaku pembunuhan mengarah ke MP. Selang 2 hari selanjutnya polisi lalu menangkap MP di kediamannya, di Desa Onan Runggu, Kecamatan Onan Runggu. Pelaku diduga menghabisi nyawa korban dengan berbagai benda tumpul, mulai dari kelapa kering hingga menggunakan setumpuk buah kemiri.

“Satu plastik warna merah berisi buah kemiri adalah benda yang digunakan tersangka memukul korban. Lalu 1 tangkai buah kelapa kering juga benda yang digunakan tersangka memukul korban. Sesuai dengan keterangan saksi-saksi dan tersangka,” ujar Natar.

Baca: Abdul Simanungkalit Tewas Terikat di Laut, Ternyata Perbuatan Abang Kandung

Baca: Pengusaha Salon Itu Dibunuh, Jasad Dibuang di Semak Lubuk Gonting, Harta Dikuras

Saat diintrogasi, MP mengaku nekat menghabisi korban karena kesal buah kemirinya diduga sering dicuri korban. “MP sakit hati karena beberapa kali hilang buah kemiri dan menduga bahwa korban adalah pencuri buah kemiri yang berada di kebun miliknya,” katanya.

Atas perbuatannya kini MP ditahan di Mapolres Samosir, untuk proses hukum lebih lanjut.

Share this: