Walikota Tegaskan RSUD Sidimpuan Siap Tangani Pasien Suspect Corona

Share this:
ANWAR SHALEH-BMG
Walikota Irsan Efendi Nasution didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, saat meninjau kesiapsiagaan RSUD Padangsidimpuan, Minggu (22/3/2020) pagi. 

SIDIMPUAN, BENTENGTAPANULI.com– Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution kembali menegaskan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, benar-benar siap menangani pasien suspect corona.

“Kami tegaskan kembali, bahwa RSUD Padangsidimpuan sudah sangat siap apabila ditemukan kasus virus corona di daerah kita,” kata Irsan Efendi Nasution, disela meninjau kesiapsiagaan pihak RSUD, pada Minggu (22/3/2020) pagi.

Didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, dan Asisten, Walikota mengecek langsung perangkat alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19.

Kepada Walikota, pihak RSUD Padangsidimpuan menyebutkan, ada 70 set APD yang nantinya akan digunakan para tenaga medis saat menangani pasien suspect Covid-19. Alat pelindung diri itu, meliputi pakaian khusus (cover all), sepatu, masker, kacamata, topi, dan sarung tangan.

Dijelaskan, sesuai standart operation prosedur (SOP), APD ini hanya bisa digunakan sekali pakai, selepas menangani pasien suspect Covid-19 di ruang isolasi. Alasannya, karena ruangan isolasi telah turut terkontaminasi oleh kuman dari si pasien.

“Kendati perhari ini Sidimpuan masih negatif Covid-19, namun kita tetap siap siaga menghadapi wabah tersebut. Pemko berupaya maksimal dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk melindungi warganya,” ujar Irsan.

BacaJakarta Siaga Virus Corona, 35 Dewan Taput Tetap Berangkat Bimtek

Tak lupa, Walikota mengajak kerjasama semua pihak menyikapi wabah Covid-19 ini. Jangan panik, namun tetap waspada. Ia mengimbau agar mengindari tempat keramaian atau berdiam diri di rumah. Bersatu padu memproteksi Padangsidimpuan.

“Disamping itu, saya juga meminta setiap orang agar tidak memberikan pernyataan-pernyataan meresahkan ke tengah-tengah masyarakat. Hal ini sangatlah perlu, agar masyarakat kita tidak resah dan tetap tenang,” imbau Irsan.

BacaBupati Tapteng: Tangkap Penimbun Masker!

Mengenai dijadikannya RSUD Inanta sebagai salah satu rumah sakit rujukan tambahan atas penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara baru-baru ini, Walikota sangat menyambut baik penghunjukan tersebut.

“Kalau kemudian ada keputusan pemerintah menambah RSU lainnya dalam hal penanganan kasus Covid-19 di Padangsidimpuan setelah RSUD, saya pikir itu sangat bagus. Tentu hal itu semakin menambah kesiapsiagaan kita hadapi wabah virus corona,” tandas Irsan mengakhiri.

Share this: