PLN Kembali Pasok Listrik di Desa Kosik Putih, Paluta

Share this:
BMG
Petugas melakukan perluasan jaringan distribusi di Dusun Sidomulyo dan Dusun Bangun Jadi, Desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat, di Kabupaten Padang Lawas Utara.

PALUTA, BENTENGTAPANULI.com– PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi, khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Sebagaimana Paluta merupakan salahsatu daerah yang masih memiliki rasio elektrifikasi masih rendah, dengan ditandai masih banyaknya desa belum menikmati aliran listrik. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membangun perluasan jaringan distribusi di Desa Kasok Putih.

Manajer PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afrianto mengatakan, pada saat ini PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara telah membangun perluasan jaringan distribusi di Dusun Sidomulyo dan Dusun Bangun Jadi, Desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat, di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Listrik pedesaan (Lisa) ini merupakan program PLN Wilayah Sumatera Utara dan bagian dari program nasional agar masyarakat dapat menikmati listrik hingga ke pelosok desa,” kata Ronny, Jumat (31/8/2018).

(Baca: Ratusan Ibu-ibu Bakar Lapo Tuak)

(Baca: Kafe Remang-remang di Halongonan Timur Diseser, Tiga Pengedar Sabu Diringkus, 1 IRT)

Dengan tersedianya listrik sampai ke pedesaan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mendukung produktifitas masyarakat serta anak anak sekolah dapat belajar pada malam hari dengan lebih baik.

“Berdasarkan data yang ada, Dusun Sidomulyo memiliki jumlah penduduk sebanyak 650 KK (Kepala Keluarga) (385 rumah) dan Dusun Bangun Jadi 850 KK (Kepala Keluarga) (437 rumah), dengan total penduduk mencapai 1.500 KK (Kepala Keluarga),” ujar Ronny.

(Baca: Bantuan Untuk Santri Korban Kebakaran Ponpes Islamiyah Gunung Raya)

(Baca: Palas Juara 1 Lomba Pionering, PBB Samosir, Pentas Seni Humbahas )

Dengan telah dibangunnya perluasan Jaringan Distribusi Jaringan Tegangan Menengah, Jaringan Tegangan Rendah, dan Gardu Distribusi ke desa tersebut maka PLN siap melayani kebutuhan listrik masyarakat setempat.

“Hingga saat ini Program listrik desa terus dikerjakan oleh pihak PT PLN (Persero) agar seluruh masyarakat yang belum menikmati listrik khususnya untuk masyarakat yang berada di pelosok desa dapat merasakan manfaat menggunakan listrik,” pungkas Ronny.

Share this: