Sihar Sitorus Teringat Pesan Oppung Saat Reses ke Tobasa

Share this:
BMG
Anggota DPR RI Sihar Sitorus saat melakukan reses di Pemkab Tobasa, Senin (6/1/2020).

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com– Pada hari kedua Reses Perseorangan Anggota DPR RI Sihar PH Sitorus, Anggota Komisi XI DPR RI menyerap aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Senin (6/1/2020). Bupati Tobasa Darwin Siagian menyambut baik kedatangan Sihar Sitorus. Sesampainya di Kantor Bupati, Sihar langsung diajak ke ruangannya untuk berdiskusi.

Reses di Kantor Pemkab Tobasa dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Kepala Perbankan Toba Samosir, seperti Bank Sumut, BNI, Bank Mandiri, KPP Pratama Toba Samosir, dan para pimpinan BUMN Tobasa.

“Kami senang sekali pak Sihar Sitorus mau berkunjung ke sini. Sebagai putra terbaik Tobasa, kami bangga memiliki Sihar Sitorus di DPR RI,” ujar Audy Murphy Sitorus, Sekretaris Daerah Tobasa.

Sihar sendiri mengaku reses yang dilakukannya saat ini adalah sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat Tobasa yang telah memberikan suaranya pada Pemilihan Legislatif, yang lalu.

“Ada sekitar 35.000 suara masyarakat Tobasa untuk Sihar, dan setelah 3 bulan dipercaya sebagai anggota DPR RI, saya kembali ke sini untuk mengabdi dalam bentuk menyerap aspirasi,” ujar Sihar.

Ada tiga hal penting yang ditekankan Sihar dalam reses di Kantor Bupati Tobasa kali ini, yakni mengenai stunting, pendidikan, dan UMKM. Sihar menyoroti tingginya angka stunting di Indonesia yang masih berada di angka 27,7 % dan target Presiden Jokowi untuk menurunkannya di angka 14 %.

“Mungkin bisa dianggarkan mengenai vitamin untuk anak-anak oleh Pemkab Tobasa untuk memerangi stunting,” ujar Sihar.

BacaSihar Sitorus Gandeng Bank Indonesia Bina Penenun Uluan

Mengenai pendidikan, Sihar menyoroti angka putus sekolah yang masih tinggi di Sumatera Utara. Sihar terkenang bahwa dulunya masyarakat Batak terkenal karena kegigihan para orangtua dalam memperjuangkan pendidikan anaknya.

“Saya ingat sekali dulu Oppung (kakek, red) dan orangtua saya sangat menekankan untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya,” ujar Sihar.

Selain itu, Sihar juga mensosialisasikan mengenai penerimaan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Menurit data yang ia terima penerima beasiswa LPDP di Sumut masih sangat rendah.

“Penerima LPDP dari Sumut hanya 475 orang atau sekitar 2,4 %. Padahal kita membutuhkan sumber daya intelektual untuk membangun kampung kita ini, jika ada alasan yang kuat saya akan memperjuangkan beasiswa LPDP untuk anak-anak di Toba Samosir,” ujar Sihar.

BacaDeklarasi Parsibona: Mari Turut Mendukung Pembangunan Danau Toba

Sihar yang menduduki Komisi XI DPR RI dan membidangi Keuangan dan Perekonomian juga berharap banyak UMKM di Toba Samosir yang dapat bekerja sama dengan mitra kerja yang membidangi agar dapat didorong. Untuk itu, Sihar meminta Pemkab Tobasa untuk menemukan UMKM yang memiliki ciri khas dari kabupatem tersebut.

“Saya dapat kesempatan menjadi anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen yang merupakan bentuk kerjasama dengan anggota Parlemen di luar negeri, jika memungkinkan, saya akan mengajak orang orang dari luar negeri untuk datang ke sini, asal kita berbenah,” ujar Sihar.

Share this: