Deklarasi Parsibona: Mari Turut Mendukung Pembangunan Danau Toba

Share this:
Deklarasi sekaligus pelantikan pengurus Parsibona di Ruma Parsaktian Raja Sitorus, Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Tobasa.

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com – Parsadaan Raja Sitorus dohot Boruna Indonesia Raya (Parsibona) menggelar acara deklarasi sekaligus Pelantikan Pengurus Nasional di Ruma Parsaktian Raja Sitorus, Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (12/10/2019).

Bupati Tobasa Darwin Siagian yang hadir pada acara tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Parsibona Indonesia Raya yang melaksankan deklarasi dan berharap perkumpulan ini dapat turut mendukung pembangunan Danau Toba yang sedang gencar dilaksanakan.

BACA: Polisi Bermarga Sitorus Ini Tembak Kepalanya Sendiri

“Selamat atas deklarasi Parsibona Indonesia Raya. Karena di tanah ini, di Sibisa ini, dimana asal-usul Sitorus berasal, di sini akan menjadi pusat pembangunan Danau Toba nantinya,” ujar Darwin.

Pada deklarasi dan pelantikan, DR Ir Tarmiden Sitorus MSc resmi dilantik sebagai Ketua Umum oleh Dewan Penasehat Parsibona Nasional DR (HC) Rikson Sitorus, didampingi Dewan Pakar Parsibona Mayjen TNI (Purn) T Daulat Sitorus dan Dewan Pengawas Parsibona Drs Pontas Sitorus Pane Ak SH MM.

Selain itu, Sihar Sitorus yang turut hadir juga dilantik sebagai Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Nasional Parsibona Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI asal PDI Perjuangan ini mengaku bangga menjadi bagian dari Parsibona Indonesia Raya. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir, juga atas dukungan yang diberikan kepadanya dalam pemilihan legislatif yang lalu.

BACA: Polemik Lahan antara BPODT dan Warga, Raja Bius Desa Pardamean Sibisa Buka-bukaan

Sihar juga diberangkatkan dan dianugerahi Ulos Borhat-Borhat sebagai penanda restu dari seluruh Marga Sitorus agar amanah sebagai anggota DPR RI dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Alm Sutan Raja DL Sitorus yang diwakili oleh Sihar Sitorus sebagai anak, juga diberikan penghargaan sebagai salah satu tokoh yang bepengaruh dalam pembentukan Parsibona Raya.

Sementara Sihar Sitorus dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi seluruh anggota Parsibona Indonesia Raya untuk mengabarkan dan mendukung pembangunan wilayah Sibisa secara khusus dan kawasan Danau Toba secara umum.

“Mari kita bersatu hati dan pikiran sebagaimana para pendahulu kita yang begitu berjuang dalam mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memajukan tanah yang menjadi asal-usul kita ini,” ujar Sihar.

Sebelumnya, disampaikan bahwa deklarasi ini bertujuan menyatukan Marga Sitorus yang lahir dan besar di seluruh penjuru Indonesia bahkan di dunia, dengan berbagai kondisi.

BACA: Partangiangan Parsadaan Nainggolan Sibatuara Siap Pecahkan Rekor MURI

Parsibona Indonesia Raya memiliki makna tersendiri. Parsibona dimaknai sebagai perkumpulan Raja Sitorus, kata Indonesia diambil karena perkumpulan ini didirikan di Indonesia, dan kata raya berarti anggota dari perkumpulan adalah seluruh marga Sitorus dari seluruh jagad raya yang artinya berasal dari seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Share this: