Viral Penangkapan Sekeluarga di Muara, Tokoh Pemuda: Polisi Belajarlah Bernegosiasi yang Santun

Share this:
BMG-FB
Foto yang diunggah Sabrina Bakkara yang viral di Facebook. INSERT: Tokoh pemuda Taput Jan Freddy Butarbutar.

TAPUT, BENTENGTAPANULI.com – Video dan foto unggahan akun Facebook Sabrina Bakkara pada Rabu (13/2/2018) lalu yang viral, yang telah dibagikan hingga 36 ribu kali, juga mendapat perhatian dari salah seorang tokoh pemuda Tapanuli Utara.

Dia meminta agar seluruh pihak hendaknya bekerjasama membantu keluarga ini untuk mendapatkan upaya hukum yang lain demi membebaskan mereka dari jeratan hukum yang tengah dijalani.

“Tidak sepantasnya kasus seperti ini diperbesar. Seharusnya perlu untuk menenangkan diri sejak awal. Saya lihat di video penangkapan, pasutri itu kan sudah tua. Tindakan seperti ini tidak pantas dilakukan kepolisian Polsek Muara, Tapanuli Utara. Harusnya ada negosiasi yang baik, bukan memperlakukan mereka seperti penjahat teroris atau penjahat besar,” ujar Jan Freddy Butarbutar, tokoh pemuda asal Taput, Minggu (17/2/2019).

BACA: Taput Hanya Dapat Segini, Tokoh Pemuda Protes Keras Pembagian PAP PT Inalum

Dia sangat menyesalkan tindakan tersebut, karena para polisi tersebut kan juga memiliki orangtua, sehingga sudah selayaknya mereka mengerti bagaimana bersikap terhadap orangtua yang sudah uzur, tetapi tetap menjunjung profesionalitas.

“Kalian polisi itu kan puya orangtua juga. Ya belajarlah bernegosiasi yang santun dan baik. Saya berharap agar institusi kepolisian Tapanuli Utara tetap dekat di hati rakyat,” ujarnya.

Karenanya, dia berharap ada kerjasama antara tokoh adat, tokoh masyarakat serta masyarakat Muara agar bertindak dan membantu keluarga ini mendapatkan upaya hukum demi kebebasan mereka.

“Mari kita upayakan langkah hukum lainnya agar kasus ini tuntas dan keluarga itu mendapatkan keadilan. Ini tahun politik, jangan jadi blunder. Seharusnya perlu adanya kebijakan Kapolres Tapanuli Utara dan memberikan perhatian pada kasus seperti ini,” pungkasnya.

Diketahui, video dan foto yang viral ini memperlihatkan sepasang pria dan wanita tua tampak digiring dan dipaksa masuk ke dalam mobil oleh sejumlah pria berdinas polisi lengkap dengan senjata.

BACA: Tuduhan Penganiayaan, Ajudan Kepala Bappeda Taput Laporkan Oknum Ketua Partai

Berikut postingan lengkap pada akun Sabrina Bakkara yang diunggahnya pada Rabu (13/2/2019) pukul 10.26 WIB:

Share this: