Ini Buaya yang Meneror Warga di Sungai Sordang Tapteng, Panjang 2,5 Meter

Share this:
BMG
Seekor buaya dengan panjang berkisar 2,5 meter diamankan warga dari bantaran Sungai Sordang, Desa Makartinauli, Kecamatan Kolang, Tapteng, Sabtu (9/3/2019).

TAPTENG, BENTENGTAPANULI.com– Warga yang tinggal di bantaran Sungai Sordang, Desa Makartinauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), berhasil menangkap seekor buaya.

Buaya tersebut sebelumnya pernah meneror warga bahkan ternak warga sempat dimakan. Panjangnya, diperkirakan 2,5 meter. Informasi diperoleh, Sabtu (9/3/2019), buaya tersebut tertangkap karena terjerat jaring warga.

Nasrul, Kepala Desa Makartinauli,  mengatakan, buaya itu tertangkap sekitar pukul 07.00 WIB oleh warga di bantaran Sungai Sordang.

“Saat terjerat jaring, warga langsung menangkap dan mengikat buaya tersebut,” kata Nasrul.

Seno Pramudita, Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, menuturkan, pihaknya sudah menuju ke lokasi guna mengamankan buaya tersebut.

“Tim kita dari Resort Sibolga dan Tarutung sudah dalam perjalanan untuk mengamankan buaya itu,” tuturnya.

BacaDipancing Pakai Bebek, Buaya Keluar dari Sungai Deli

Terkait jenis kelamin dari buaya itu, Seno belum mendapat kabar pasti soal jenis kelamin buaya. Namun, kabar dari masyarakat yang di lokasi buaya itu berjenis kelamin betina.

“Memang sebelumnya ada laporan ke kita. Kemudian petugas datang ke lokasi. Cuma buaya tidak kelihatan lagi. Jadi, kami memberikan sosialisasi ketika itu muncul dilaporkan. Jadi, kalau ada buaya jangan dibunuh. Tapi laporkan ke kita,” ucapnya.

BacaWanita di Madina Tewas Diterkam Buaya saat Mencuci di Sungai

Seno menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyelidikan lanjutan di lokasi temuan buaya. Hal itu dilakukan untuk mencari buaya lain yang mungkin berada di sungai tersebut.

“Bisa jadi kita selidiki. Bekerja sama dengan masyarakat di sana. Kalau sudah tanda-tanda akan kita lakukan langkah evakuasi. Kita juga akan tetap lakukan pemantauan, jika ada buaya yang menampakkan dirinya di Sungai Sordang,” terangnya.

Share this: