MTQ ke-XIX di Madina, Momen Syiar dan Dakwah Membumikan Alquran

Share this:
BMG
Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution (kiri) melantik Dewan Juri MTQ dalam Acara Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten ke-XIX Tahun 2020, bertempat di Taman Raja Batu Blok C, Komplek Perkantoran Payaloting, Senin (16/3/2020).

PAYALOTING, BENTENGTAPANULI.com– Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XIX Tahun 2020 tingkat Kabupaten Madina. MTQ diharap menjadi momentum syiar dan dakwah untuk membumikan alquran di Madina.

Dahlan Nasution dalam kata sambutannya, menyampaikan MTQ bukan sekadar kompetisi, melainkan lebih dari itu. MTQ, kata Dahlan, momen memberikan pemahaman yang dalam tentang makna alquran sehingga dapat menjadi pegangan hidup masyarakat, terutama umat Muslim.

“Bukan sekadar adu ketangkasan membaca alquran, melainkan menjadikan alquran sebagai tuntunan hidup, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dahlan, dalam acara yang digelar di Taman Raja Batu, Blok C, Komplek Perkantoran Payaloting, Senin (16/3/2020) malam.

“Momen MTQ juga sebagai upaya membumikan alquran dan mencetak generasi qurani,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Dahlan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, atas kesediaan memberikan fasilitas tempat tinggal sementara bagi para kafilah MTQ.

BacaUsul Bikin Lobe di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Sihar Sitorus: Ide Bagus

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, dalam sambutannya menyampaikan bahwa alquran adalah kitab suci agama Islam yang diturunkan Allah SWT. Alquran menjadi hidayah atau petunjuk bagi kehidupan umat Islam.

Oleh karena itu, MTQ ini, kata Erwin, merupakan momentum mengaktualisasikan ajaran Islam dalam kehidupan. Ia berharap, dengan pelaksanaan MTQ itu diharapkan Izzah Islam bisa bangkit kembali di kalangan masyarakat.

“Sehingga alquran betul-betul lekat pada diri masyarakat dan dengan sendirinya masyarakat pun akan terarah menuju prilaku yang quran,” tandas Erwin.

BacaBupati Madina Ajukan Pengunduran Diri Karena Kecewa Warganya Tak Pilih Jokowi

Hadir dalam Acara Pembukaan MTQ Ke-XIX, Kapolres AKBP Horas Tua Silalahi, sejumlah Anggota DPRD Madina, Forkopimda, Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Pengurus MUI Madina, dan para Pimpinan OPD Pemkab Madina. MTQ ke-XIX Tahun 2020 ini mengangkat, tema ‘Semangat MTQ Menyatukan Langkah Membangun Generasi Quran Demi Keunggulan Masyarakat Madina’.

Share this: