Bantuan Untuk Santri Korban Kebakaran Ponpes Islamiyah Gunung Raya

Share this:
BMG
Kabid Penanggulangan Bencana dan kedaruratan Nuar Siregar menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada santri/wati Ponpes Islamiyah Gunung Raya, Kamis (19/7) lalu.

PALUTA, BENTENGTAPANULI.com– Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), melalui Badan Penanggu­langan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan kepada santri/wati korban kebakaran di Pondok Pesantren (Ponpes) Islamiyah Gunung Raya, Desa Gunung Baringin, Kecamatan Portibi, Paluta, Kamis (19/7) lalu.

Bantuan berupa alat tulis sekolah, peralatan dapur, tenda gulung, kids ware dan keperluan MCK bagi santri/wati serta uang tunai diserahkan langsung kepada pihak Ponpes dan santri/wati dan keguna­annya diserahkan sepenuhnya kepada pihak Ponpes Islamiyah Gunung Raya.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP, melalui Kabid Penanggulangan bencana dan Kedaruratan Nuar Siregar, yang memimpin penyerahan bantuan menyampaikan bantuan ini merupakan wujud simpati Pemkab Paluta terhadap korban bencana.

“Walaupun tidak sama nilainya dengan jumlah kerugian, kita berharap bantuan ini bisa membantu korban dalam melakukan aktivitas ke depannya khususnya para santri/wati,” ujar Nuar Siregar.

Selain memberikan bantuan, pihak BPBD Paluta juga menempatkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) di lokasi sejak terjadinya musibah kebakaran untuk membantu membersihkan puing kebakaran serta mendirikan sebuah tenda besar bersama tilam yang diperuntukkan bagi santri/wati.

Nuar Siregar mengimbau masyarakat khususnya santri/wati di lingkungan Ponpes Islamiyah Gunung Raya untuk lebih berhati-hati dan waspada agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Pimpinan Ponpes Islamiyah Gunung Raya H Amir Mahmud Hasibuan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Paluta yang telah memberikan bantuan dan uluran tangan kepada pihaknya khususnya para santri/wati. Amir Mahmud mengatakan, uluran tangan dan bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu untuk kelancaran proses belajar mengajar bagi para santri/wati.

“Terima kasih kepada Pemkab Paluta khususnya Bapak Bupati dan pihak BPBD Paluta yang dari awal terus memberikan perhatian dan uluran tangannya kepada kami,” ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran menghanguskan Ponpes Islamiyah Gunung Raya, Desa Gunung Baringin, Kecamatan Portibi, Minggu (15/7) lalu. Akibat kebakaran tersebut, 30 unit rumah hunian (pondok) santri/wati Ponpes Islamiyah Gunung Raya yang terbuat dari papan ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Share this: