Mau Berkeliling ke Objek-objek Wisata di Samosir, Kini Sudah Tersedia Mobil Listrik

Share this:
BMG
Menparekraf RI Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Nandi Julianto berfoto bersama dengan mobil listrik yang baru saja diluncurkan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Pengalaman berwisata ke Samosir bakal lebih lengkap berkat program Toyota EV Smart Mobility. Saat ini, Toyota sudah menyediakan mobil listrik yang bisa digunakan berkeliling ke objek-objek wisata dan desa-desa wisata di Kabupaten Samosir.

Peluncuran Toyota EV Smart Mobility Lake Toba tersebut dilaksanakan di Batu Hoda Beach, Kecamatan Simanindo, Selasa (19/7/2022) yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Nandi Julianto dan undangan lainnya dari pihak Toyota.

Henry Tanoto menyampaikan bahwa peluncuran Toyota EV Smart Mobility Lake Toba merupakan salah satu bentuk dukungan Toyota terhadap program pemerintah untuk menunjang wisata ramah lingkungan guna menetralisir karbon dan menuju nol emisi karbon pada tahun 2060.

Baca: Harapan Vandiko Gultom ke Sandiaga Uno: Jadikan Samosir jadi Smart Pariwisata

Baca: Sandiaga Uno Launching Calendar of Events Horas Samosir Fiesta, Catat! Ada 4 Event, Ini Jadwalnya…

Sementara Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada Toyota yang memilih Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba jadi lokasi pertama dari 5 destinasi super prioritas lainnya sebagai pilot project peluncuran Toyota EV Smart Mobility ini.

Disampaikan, berdasarkan data World Economic Forum (WEF), saat ini indeks pariwisata Indonesia naik menjadi peringkat ke-32 dunia, dimana salah satu faktor penilaian adalah kelestarian lingkungan.

“Kita harus benar-benar mendorong upaya tersebut karena yang menjadi tolok ukur adalah ramah lingkungan. Untuk itu kita harus mendukung upaya-upaya penurunan polusi udara dengan project Toyota EV Smart Mobility Lake Toba ini,” ungkapnya.

Peluncuran Toyota EV Smart Mobility ini juga diapresiasi Bupati Samosir Vandiko Gultom. Dia menyampaikan terima kasih karena Toyota memilih Samosir sebagai tuan rumah. Vandiko menyampaikan bahwa Pekab Samosir akan selalu mendukung segala investasi untuk membantu pengembangan pariwisata yang dapat memberikan nilai positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Saat ini ada 11 unit mobil listrik yang akan dipakai di DPSP Toba dan sudah tersedia 2 station charging utama, yaitu di Lekjon Cottage dan di depan Hotel Mariana Tuktuk dan 2 station pendukung di Batu Hoda Beach dan Huta Raja Lumbansuhi Toruan, yang sistem pengecasan menggunakan teknologi solar panel. Dan untuk pemakaian mobil listrik ini, pengguna harus menggunakan system TRAC (Toyota Rate Account).

Baca: Kunjungan Menparekraf ke Samosir: Agar Dali Nihorbo dan Dekke Naniura Diberikan Hak Kekayaan Intelektual

Baca: Bupati Samosir ke Kementerian PUPR, Usulkan Pembangunan di Titik Nol Perdaban Batak dan Desa Wisata

Bagi yang ingin menikmati layanan Toyota EV Smart ini, ada 3 pilihan cara, yaitu datang langsung ke 2 station utama di Lekjon Cottage dan di depan Mariana Hotel di Kawasan Tuktuk Siadong, kedua, pemesanan melalui perantara hotel-hotel di Kawasan Samosir yang telah bekerja sama dengan Toyota atau mengakses layanan booking secara digital melalui aplikasi Myt by Toyota atau TRAC atau melalui call centre Toyota.

 

Share this: