Wow, Rp495 Juta untuk Bangun Warung Kopi, Penataan Taman dan Lampu di Pusat Geopark

Share this:
Peletakan batu pertama pembangunan kedai kopi di Pusat Geopark Kaldera Toba Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – PT Inalum menyalurkan CSR untuk pembangunan warung kopi (coffee shop) di Pusat Geopark Kaldera Toba Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Senin (27/5/2019).

Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon. Tahap pertama bantuan yang disalurkan PT Inalum sebesar Rp495 juta itu akan digunakan untuk pembangunan kedai kopi, penataan taman dan lampu.

Selain itu, PT Inalum juga akan menyerahkan bantuan CSR untuk pengembangan Geopark Kaldera Toba sebesar Rp1,3 miliar yang akan dicairkan dalam tiga tahap.

BACA: Menpar Resmikan 17 Event Skala Internasional di Danau Toba, Cek Daftarnya…

Pada peletakan batu pertama itu, Rapidin optimis bisa memperbaiki peninggalan sejarah/budaya yang mampu mendatangkan wisatawan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sianjur Mulamula.

“Berbagai pembangunan untuk memelihara budaya Batak khususnya di Sianjur Mulamula akan terus dilaksanakan, salah satunya ruma parsaktian di Sigulatti akan ditata, sehingga akan ada kesakralan ruma parsaktian tersebut,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan, tidak merusak lingkungan, tidak menebang hutan dan ikut serta mengawasi perambahan hutan di Samosir.

“Orang yang menghargai budaya adalah orang yang besar. Masyarakat jangan takut, pemerintah sifatnya membangun dan bukan untuk menguasai apa yang ada di Sianjur Mulamula,” ujarnya.

Rapidin juga berharap ada kerjasama yang baik dengan PT Inalum dan bantuan lebih besar guna pengembangan berbagai sector, termasuk pelestarian budaya di Samosir.

BACA: Protes atas Pencemaran Danau Toba, Bule Asal Jerman Ikut Demo di DPRD Sumut

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM) Kecamatan Sianjur Mulamula Mangoloi Sagala dan Raja Bius Sianjur Mulamula menyampaikan dukungannya atas pembangunan dan pengembangan Geopark Kaldera Toba. Mereka juga berharap PT Inalum tetap membantu pengembangan Geopark Kaldera Toba.

Sementara, Manager PKBL dan CSR PT Inalum Tober Sidabutar mendukung sepenuhnya pembangunan sarana pendukung di area Geopark Kaldera Toba di Sianjur Mulamula. Dia berharap pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran, sehingga tahap selanjutnya dapat dilanjutkan guna percepatan pengembangan geopark.

Share this: