Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Pengerukan Tano Ponggol

Share this:
Proyek pengerukan Tano Ponggol di Kabupaten Samosir.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Sejumlah anggota Komisi V DPR RI, di antaranya Jhoni Allen Marbun Marbun (F-PD), H Irmawan (F-PKB), KH Muh Unais Ali Hisyam (F-PKB), H Abdul Latief Hanafiah (F-PKB) dan Sahat Silaban (F-Nasdem) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Samosir, Rabu (30/1/2019) untuk melakukan peninjauan lokasi pembangunan pengerukan alur Tano Ponggol.

BACA: Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Infrastruktur 12 ‘Bali Baru’ Termasuk Danau Toba

Kedatangan rombongan wakil rakyat ini disambut Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama Wakil Bupati Juang Sinaga dan jajarannya di Menara Pandang Tele.

Setibanya di proyek pelebaran alur Tano Ponggol, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menerangkan beberapa capaian dan tantangan dalam proses pekerjaan yang sedang berlangsung.

Dalam kesempatan itu, Jhonny Allen Marbun menyampaikan bahwa tujuan kunker tersebut untuk melihat langsung proses pekerjaan proyek nasional di kawasan Danau Toba. Dan, terkait pekerjaan nasional di Samosir akan dibahas dan dicari solusinya supaya pekerjaan dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

BACA: Mantap, Google Street View Sekarang Punya Panorama Danau Toba

Dia menyampaikan bahwa proyek pembangunan jalan nasional di Samosir sudah baik, dan akhirnya akan berdampak bagi kemajuan Danau Toba, dimana wisatawan akan berduyun-duyun ke Samosir karena jarak tempuh dari Bandara Silangit ke Samosir semakin lancar.

“Kalau ada masalah anggaran pembebasan lahan akan dibahas dan dicari solusinya dengan kementerian terkait supaya pekerjaan lancar. Hanya saja, masyarakat Samosir yang lahannya terkena dampak pembangunan susah melepaskan lahannya dan bertahan dengan harga yang mahal,” ujarnya.

BACA: Melihat Destinasi Pantai Batu Hoda, Spot Wisata Danau Toba

Setelah melakukan peninjauan lokasi pembangunan pengerukan alur Tano Ponggol, rombongan DPR RI menuju kantor Bupati Samosir.

Direncanakan, mereka juga akan meninjau proyek embung air di Ronggur Nihuta, pembangunan jalan lingkar Pulau Samosir dan dermaga KMP Ihan Batak di Ambarita.

Share this: