Risma ke Rapidin Simbolon: Danau Toba Sudah Bersih, Pak Bupati?

Share this:
Bupati Samosir Rapidin Simbolon, General Secretary Mr Kim Soo iL, Bupati Sergai Soekirman dan Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua berfoto bersama pada General Assembly Tourism Promotion Organization Asia Pasific (TPO-AP) di Kota Busan, Korea Selatan.

BUSAN, BENTENGTAPANULI.com – Banyak cerita menarik pasca berlangsungnya General Assembly Tourism Promotion Organization Asia Pasific (TPO-AP) di Kota Busan, Korea Selatan, Jumat (27/9/2019) malam.

Diketahui bahwa event dua tahunan tersebut dihadiri anggota sebanyak 124 city members dari Asia Pasific. Dan, Indonesia hadir dengan sepuluh kabupaten/kota dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

BACA: Segini Anggaran Untuk 4 Destinasi Superprioritas, Danau Toba Paling Besar

Di luar Sumatera Utara, salah satu kota yang hadir adalah Kota Surabaya, bahkan sudah menjadi anggota TPO dan menjadi sister city (kota sahabat) Kota Busan selama 25 tahun.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman melalui Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal MSi pun menceritakan pengalamannya selama di Kota Busan. Diceritakan bahwa Walikota Surabaya Tri Risma Harini selama menjadi Sister City Kota Busan, ada banyak kemajuan yang dicapai.

BACA: Kekaguman Bupati Samosir pada UMKM di Kabupaten Malang

Risma pun yakin bahwa pariwisata sudah menjadi industri yang sangat menguntungkan secara ekonomi, sehingga perlu dikembangkan terus melalui kerjasama dan untuk kemakmuran rakyat secara bersama-sama.

Masih dalam momen di Busan, Bupati Sergai mengisahkan, ketika Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersua dengan Walikota Surabaya, spontan Risma bertanya: “Apa kabar Pak Bupati Samosir? Apakah Danau Toba-nya sudah bersih?” Dan, dengan senyum Rapidin Simbolon menjawab: “Ya bu, sudah semakin baik.”

BACA: Peringatan Hari Kopi Internasional: Ayo Perkenalkan Kopi Samosir kepada Dunia!

Pertanyaan tersebut tentu sangat penting dan menggelitik, mengingat Sumatera Utara telah dinobatkan melalui voting sebagai tuan rumah General Assembly ke-10 tahun 2021 mendatang. Kesempatan ini adalah ajang penting dalam membangun dunia kepariwisataan di Sumatera, terutama Danau Toba.

Menjelang penutupan, Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi melalui Kepala Dinas Pariwisata Ria Telaumbanua mengemukakan bahwa Pemprov Sumut akan bergotong royong dengan kabupaten/kota untuk mensukseskan TPO. Dan, selanjutnya General Secretary Mr Kim Soo iL menyerahkan bendera TPO kepada Provinsi Sumut untuk dikibarkan dan disukseskan bersama.

Share this: