Menpar Resmikan 17 Event Skala Internasional di Danau Toba, Cek Daftarnya…

Share this:
Menteri Pariwisata Arief Yahya

JAKARTA, BENTENGTAPANULI.com – Kementerian Pariwisata resmi meluncurkan Calender of Event (COE) Danau Toba 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (25/2/2019) malam di Jakarta.

Diebutkan bahwa ada 17 event akbar yang akan meramaikan danau terbesar di Asia Tenggara itu.

Dari seluruh event itu, ada tiga yang menjadi unggulan, yakni Karnaval Si Gale-Gale, Toba Caldera World Music Festival dan Festival Danau Toba. Bahkan, di antara 17 event itu, masuk dalam 100 event, wonderful Indonesia.

BACA: Melihat Destinasi Pantai Batu Hoda, Spot Wisata Danau Toba

“Ini upaya kita untuk terus menggencarkan kunjungan ke Danau Toba,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Danau Toba memang menjadi destinasi super prioritas pemerintah karena masuk dalam 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Danau Toba yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’ merupakan destinasi pariwisata berkelas dunia dan perlu dipromosikan ke seluruh dunia,” ujarnya.

Dia pun berpesan, event yang digelar harus tetap memperhatikan unsur penting dalam pariwisata, yakni unsur 3A: Atraksi; Amenitas dan Aksesibilitas.

BACA: Serunya Festival Solu Tradisional Tobasa 2018 Bikin Penonton Terpingkal-pingkal

Untuk Aksesibilitas, Danau Toba mulai berkembang, apalagi sejak Bandara Sisingamangaraja XII Silangit menjadi salah satu pintu masuk ke Danau Toba.

Menpar juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan Toba Caldera World Music Festival 2019 akan berlangsung di Bukit Tarabunga, Balige, Kabupaten Toba Samosir pada 14-16 Juni 2019. Event musik itu digelar sebagai salah satu upaya mempromosikan Danau Toba ke seluruh dunia.

Event itu juga digelar sekaligus penyambutan ditetapkannya Danau Toba sebagai anggota dari Global Geoparks Network (GGN) UNESCO pada tahun mendatang.

Share this: