Melihat Destinasi Pantai Batu Hoda, Spot Wisata Danau Toba

Share this:
Obyek wisata Pantai Batu Hoda, di Samosir.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Tahun ini, ada destinasi wisata baru di Danau Toba, yang sebenarnya sudah lama ada, yaitu Pantai Batuhoda.

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata, pantai ini akan dibuka untuk umum pada awal September mendatang.

(BACA: Pariwisata Danau Toba Berangsur Membaik)

“Batuhoda ini akan menjadi destinasi wisata pantai di Danau Toba. Dan akan melengkapi destinasi yang ada di sekitar Danau Toba. Pantai ini belum dibuka untuk umum. Karena kita masih penyempurnaan di beberapa bagian. Yang menarik dari pantai ini, adalah legenda yang ada di tengah-tengah masyarakat sekitar,” kata kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro.

Ombang menjelaskan, masyarakat percaya jika ada kuda yang datang dari konservasi dan terdampar di sini. Namun ia kesepian karena tak memiliki pasangan dan akhirnya ia diam sampai membatu. Batu tersebut dipercaya berada dipinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

“Dari kisah itu, pantai ini kemudian dinamakan nama Batuhoda. Yang dimaksud adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar mempercayai hal itu,” ujar Ombang.

(BACA: Dari Restoran Mengapung Hingga Hotel Rp50 Ribu di Danau Toba Dipromosikan ke Yogyakarta)

Menurut Ombang, Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikolaborasikan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tapi dikerjasamakan dengan kita. Selesaikan desain dan pengelolaannya dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara,” jelas Ombang.

Share this: