2019 Nias Terang, PLN Sepakati MoU dengan Pemda

Share this:
Ilustrasi jaringan listrik.

NIAS, BENTENGTAPANULI.com – PT Perusahan Listrik Negara (PLN) merangkul seluruh stakeholder untuk bahu-membahu wujudkan Nias 100 persen terlistriki dengan mengadakan Seminar Kelistrikan serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Kantor Bupati Nias, Selasa (18/9/2018).

GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, dengan kapasitas daya mampu 56,4 MW, Nias saat ini memiliki Beban Puncak (BP) rata-rata sebesar 31,5 MW, dengan panjang jaringan tegangan menengah 8.603,01 kms dan tegangan rendah 1,413.77 kms, serta jumlah gardu induk sebanyak 2 buah, terletak di Gunungsitoli dan Teluk Dalam, dengan kapasitas masing-masing 70 kv.

(BACA: Parlindungan Purba Minta agar Ada Perlakuan Khusus di Nias)

“Kondisi surplus ini tentunya sangat mendukung PLN dan Pemda serta seluruh stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Pulau Nias,” kata Feby, Senin (18/9/2018).

Saat ini, rasio elektrifikasi Pulau Nias adalah sebesar 51,38% dengan jumlah pelanggan sebanyak 90.456 pelanggan serta jumlah desa berlistrik sebanyak 669 desa atau sama dengan 70% dari total jumlah desa di Pulau Nias sebanyak 950 desa.

”Hal ini tentunya memerlukan kerja sama dari seluruh insan untuk membangun kelistrikan di Pulau Nias, terutama di desa-desa yang belum terjangkau oleh listrik,” ungkapnya.

(BACA: PLN Kembali Pasok Listrik di Desa Kosik Putih, Paluta)

Menurut Feby, kerja sama ini merupakan wujud kerja nyata PLN bersama seluruh stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta pengawasan dan pengamanan penggunaaan tenaga listrik di Pulau Nias.

“Nias, salah satu Pulau di Nusantara yang keindahan situs pariwisatanya yang menyaingi Pulau Bali ini, kini dijadikan salah satu prioritas utama dalam peningkatan rasio elektrifikasi. Pulau dengan keindahan tepi laut yang tidak kalah dari Bali dan Lombok ini masih memerlukan peningkatan rasio elektrifikasi yang tinggi agar seluruh penduduk pulau Nias dapat memiliki kesempatan yang sama untuk membuka peluang pariwisata dengan kondisi kelistrikan yang mumpuni,” ujarnya.

(BACA: Seluruh Desa di 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba Akan Dialiri Listrik)

Kata Feby, PLN menuangkan tujuan, visi serta misi kerja sama dalam rangka mendukung Nias Terang pada tahun 2019 dengan membuat komitmen bersama untuk mendukung kelancaran pembangunan jaringan dan pengelolaan pemakaian tenaga listrik.

Kelancaran pembangunan jaringan listrik diwujudkan dengan kelancaran yang diberikan oleh pemda di Nias dalam hal perizinan perampalan dan penebangan pohon, pembebasan maupun hibah lahan kepada PLN agar dapat dimanfaatkan untuk pembangunan serta pemeliharaan jaringan listrik.

Sedangkan untuk pengelolaan pemakaian tenaga listrik, diwujudkan dengan kelancaran pemerintah daerah dalam membayar rekening listrik setiap bulannya, pengawasan dan sosialiasi pemakaian tenaga listrik kepada masyarakat, termasuk dalam hal menghindari pencurian listrik dan pembayaran rekening listrik tepat waktu.

Share this: