Parlindungan Purba Minta agar Ada Perlakuan Khusus di Nias

Share this:
Anggota DPD RI Parlindungan Purba

MEDAN, BETENGTAPANULI.com – Anggota DPD RI asal Sumatera Utara Parlindungan Purba mengatakan bahwa harus ada perlakuan khusus untuk pembangunan infrastruktur di Kepulauan Nias. Sebab, potensi pariwisata di daerah itu sangat menjanjikan. Untuk itu, perlu Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang dikhususkan untuk infrastruktur.

Dia meminta agar seluruh jalan nasional di Nias tidak ada lagi yang rusak, termasuk Nias Selatan yang wilayahnya cukup luas.

“Pariwisata Nias sangat mengagumkan, apalagi akan ada kejuaraan surfing internasional di Nias. Di Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat ombaknya cukup tinggi, sangat digemari peselancar mancanegara. Setelah Bali, kepulauan Nias menjadi lirikan pelancong asing yang menggemari olahraga surfing,” ujarnya, Jumat (10/8/2018).

Dikatakian, setiap hari Bandara Kualanamu diramaikan turis mancanegara sambil membawa papan selancar dengan tujuan Nias. Maka, untuk lebih mendatang wisatawan mancanegara yang lebih banyak lagi, sudah sepatutnya konsentrasi pemerintah pusat di Kepulauan Nias dengan membangun jalan nasional.

Menurut dia, DPD sudah bertemu Dirut PT PLN untuk membicarakan kelistrikan di Nias. Hasil pembicaraan DPD dan PLN disepakati seluruh daerah di Kepulauan Nias akan diterangi listrik tahun 2019.

“Nias akan terang benderang, seluruh pelosok Nias akan dialiri listrik PLN, itulah hasil kesepakatan DPD dan PLN baru-baru ini,” terang parlindungan.

Lebih lanjut dikatakan, pada kunjungan Presiden Joko Widodo ke Nias pada Agustus 2017 pernah mengatakan bahwa Kepulauan Nias berpotensi sektor pariwisata dan perikanannya. Untuk itu, Nias membutuhkan infrastruktur yang baik, seperti jalan nasional, jalan provinsi maupun jalan kabupaten/kota.

Share this: