Kekurangan Vitamin B12 Bahaya pada Saraf Anda

Share this:
Ilustrasi

BENTENGTAPANULI.com – Hati-hati, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kelelahan, rasa lesu, sembelit, dan kehilangan nafsu makan. Beberapa orang bahkan sampai mengalami masalah pada saraf, seperti kesemutan di tangan dan kaki, serta kadang-kadang mati rasa.

Kekurangan vitamin B12 juga bisa tak terdeteksi selama bertahun-tahun. Jadi, gejala seperti kelelahan, sulit bernapas, serta pelupa sering diabaikan sama sekali. Berikut penjelasannya menurut India Times.

Orang yang rentan kekurangan vitamin B12

  • Vegan dan mereka yang tak suka produk-produk susu, karena vitamin B12 biasanya didapatkan dari sumber makanan hewani.
  • Orang yang rutin minum alkohol, karena vitamin B12 disimpan dalam liver dan keseimbangannya bisa terganggu akibat banyaknya alkohol.
  • Orang yang bermasalah dengan asam karena mereka yang mengonsumsi obat untuk meredakan masalah asam biasanya tubuhnya kesulitan untuk menyerap vitamin B12.

Kekurangan vitamin B12 sebabkan kerusakan permanen kah?
Bisa, bila tak terdeteksi untuk waktu yang lama dan masalah ini bisa bertambah parah, menyebabkan kerusakan saraf, kehilangan daya ingat, dan tidak mampu berkonsentrasi. Efek samping lainnya adalah insomnia, disfungsi ereksi, sulit mengontrol buang air besar dan kecil.

Sumber terbaik vitamin B12
Daging sapi, kalkun, ayam, ikan trout, dan salmon. Sumber makanan nabati tidak mengandung vitamin B12, karena itulah risiko kekurangan terbesar dialami kaum vegan.

Share this: