Surat Terbuka Untuk Jokowi Jadikan Nahum Situmorang Pahlawan Nasional

Share this:
Foto Nahum Situmorang

Dengan ini

Mengajukan permohonan usulan pemberian Gelar Pahlawan Nasional Bidang Seni Budaya kepada Komponis Nasional Guru Nahum Situmorang yang telah memenuhi Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus sebagaimana dimaksud ketentuan

1. Undang Undang Nomor: 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Pasal 24,25,26 tentang Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus

2. Surat Menteri Sosial Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial tanggal 16 November 2016 Nomor: 1414/DYS-KK-KRS/11/2016

Berdasarkan alasan dan hal sebagai berikut :

01. Bahwa kronologis Ciptaan Komposer GURU NAHUM SITUMORANG mencipta 171 judul lagu terdaftar di Dirjen HAKI Demhukham RI hasil karya agung maha besar ciptaan lagu abadi melodi indah telah banyak di rekam ulang di dalam negeri dan diluar negeri sebagai berikut :

1. Bahwa Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1969 pernah diundang PRESIDEN RI Ir. SOEKARNO ke Istana Merdeka untuk tampil mendendangkan lagu lagu ciptaannya di hadapan para Duta Besar Negara Sahabat hingga semua hadirin memberikan pujian luar biasa.

2. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG sejak tahun 1927 mulai mencipta lagu pertama kali mengumandangkan hasil Ciptaannya lagu Judul ALOHA U (Lagu Hawai yang diterjemahkan dalam Bahasa Inggris) dan kemudian diterjemahkan dalam Bahasa Daerah Batak judul HORAS MA HO didendangkan di sekolah Kweekschool di Jln. Gunung Sahari Jakarta, sebelum pindah ke Lembang Bandung dan selaku pemuda turut menjadi Anggota Kongres Pemuda Barisan Perintis Kemerdekaan.

3. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1928 mengikuti sayembara Cipta lagu Kebangsaan Indonesia pemenang pertama W.R SOEPRATMAN dengan lagu INDONESIA RAYA pemenang kedua GURU NAHUM SITUMORANG dengan lagu judul FAJAR KEMERDEKAAN TELAH MENYINGSING .

4. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1936 di Medan memenangkan sayembara Lagu Sumatera Keroncong Concours dan hingga pada tahun 1942 – 1945 membuka Restoran Jepang jadi pemusik Jepang SENDENHA HONDOHAN.

5. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1945 – 1949 menciptakan lagu judul O TAO TOBA dan RURA SILINDUNG dan HOLONG NI ROHAM DO SINTA-SINTA DI AU dan lagu judul SEGA NAMA HO.

6. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tahun 1950 – 1960 produktif mencipta lagu hingga semasa hidupnya telah menciptakan kurang lebih 205 Judul lagu.

7. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG disamping ahli menggesek biola juga pencipta lagu-lagu Indah dengan nada bagus juga mampu menulis dan membaca not balok hasilkan accunpenenten piano jadi lagu hingga saat ini belum ada bandingannya.

8. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG selaku Warga Negara Indonesia dengan kemampuan di bidang seninya, telah memperkaya khasanah musik Abadi Indonesia hingga saat ini selalu didendangkan baik di Tanah Air maupun di luar negeri.

9. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tanggal 11 September 1965 menjuarai Bintang Radio RRI di Medan dan pada tanggal 17 Agustus 1969 di Jakarta menerima penghargaan ANUGERAH SENI dari Mendikbud atas jasa-jasanya mengharumkan nama Negara RI sebagai PENCIPTA LAGU-LAGU RAKYAT BATAK PALING BERHASIL.

10. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tanggal 20 Desember 2006 menerima Anugerah Kebudayaan 2006 dalam bidang Pelestari dan Pengembang Seni Musik dan Lagu-lagu Tapanuli dari Presiden RI melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Share this: