Segera! Kapal Fery RoRo Siap Meluncur di Danau Toba

Share this:
Pengapungan kapal RoRo di Galangan Kapal PT Dok Bahari Nusantara, Tobasa, Sabtu (9/11/2019). Kapal kapasitas 300 GT ini akan meluncur di Danau Toba pada tahun ini.

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melakukan pengapungan kapal penyeberangan (Roll On Roll Off/RoRo) kapasitas 300 GT (Gross Ton) untuk melayani penyeberangan wisatawan di Danau Toba.

“Semenjak tahun 2017-2018 tidak kurang dari Rp700 miliar telah kami alokasikan untuk anggaran pembangunan kapal pelayaran di Danau Toba ini,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Minggu (10/11/2019).

BACA: Groundbreaking Toba Caldera Resort: Jangan Mengorbankan Satu Kampung Pun

Tak hanya melakukan pengapungan kapal RoRo, Kemenhub melakukan peletakan lunas kapal (keel laying) RoRo 200 GT di Galangan Kapal PT Dok Bahari Nusantara, Toba Samosir (Tobasa) pada Sabtu (9/11/2019).

“Ini adalah arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mengaktifkan transportasi di kawasan wisata Danau Toba. Kapal 300 GT ini rencananya akan melayani di Dermaga Balige dan melayani lintas Balige-Onan Runggu,” jelasnya.

Dirjen Budi menjelaskan, kapasitas RoRo 300 GT mampu mengangkut sebanyak 180 orang dan 21 unit kendaraan roda empat. Panjang kapal yang akan diresmikan ini, yakni 39 meter, lebar 11 meter dan kecepatan 10 knot.

Sementara yang akan dilakukan peletakan lunas, kapasitas 200 GT memiliki panjang kapal 35 meter dengan lebar 9 meter, mampu berlayar dengan kecepatan 11 knot. Kapal tersebut nantinya mampu mengangkut 120 penumpang dan 15 unit kendaraan roda empat.

BACA: Kapal Ferry Ihan Batak akan Beroperasi Oktober di Danau Toba

“Kami akan memaksimalkan setiap pembangunan kapal baru sebagai bukti keseriusan pemerintah untuk mengangkat Danau Toba sebagai kawasan wisata kelas dunia,” tuturnya.

Share this: