Groundbreaking Toba Caldera Resort: Jangan Mengorbankan Satu Kampung Pun

Share this:
Menko Maritim, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, Kepala BPODT dan Gubernur Sumatera Utara, disaksikan bupati se-Kawasan Danau Toba, secara resmi melaksanakan groundbreaking pembangunan Toba Caldera Resort di Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Tobasa, Senin (14/10/2019).

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan terima kasih yang besar atas keterlibatan dan komitemen berbagai pihak dalam membangun kawasan wisata di sekitar Danau Toba, sehingga berjalan sesuai target.

Luhut juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo agar pembangunan kawasan wisata di Sigapiton tersebut jangan sampai mengorbankan satu kampung pun.

BACA: Polemik Lahan antara BPODT dan Warga, Raja Bius Desa Pardamean Sibisa Buka-bukaan

Hal tersebut disampaikan Luhut pada groundbreaking pertanda dimulainya pembangunan Toba Caldera Resort (Pusat Kaldera Toba) di Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin (14/10/2019)

Selain Luhut, ada sejumlah menteri yang turut dalam groundbreaking, yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, juga dihadiri Kepala BPODT Arie Prasetyo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan disaksikan bupati se-Kawasan Danau Toba.

Sebelum menuju kawasan Pusat Kaldera Toba, tiga Menteri Kabinet Kerja meninjau langsung pembangunan akses jalan baru menuju Sigapiton.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menyampaikan bahwa sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai pembangunan, yakni infrastruktur utilitas sepanjang 1,5 km. selain itu, juga dibangun sanitasi air dan listrik.

BACA: Presiden Jokowi ke Samosir Monitoring Proyek Nasional

“Di lokasi Kaldera ini, sudah dilakukan pembangunan sejak tahun 2017 dan akan terus berlanjut untuk membangun sarana lain, termasuk kantor dan hotel maupun yang berhubungan program Kaldera BPODT,” ujar Arie Prasteyo.

Sementara, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan dukungan Pemprovsu untuk pembangunan kawasan Kaldera Danau Toba sebagai pusat pariwisata nasional. Sebab, pembangunan tersebut adalah untuk kemakmuran rakyat, sehingga kehadiran Kaldera Danau Toba patut disyukuri.

Lebih lanjut Menteri Perhubungan Budhi Karya Agung menyampaikan bahwa Kemenhub akan terus mengambil peran untuk perkembangan pariwisata. “Termasuk Bandara Silangit serta 12 dermaga di Danau Toba serta kapal wisata,” ujar Budhi Karya Agung.

Menhub mengatakan bahwa dukungan pariwisata dan sudah dijadikan sebagai skala prioritas. “Tidak main-main, selain fasilitas udara dan danau, Kemenhub juga akan mempersiapkan fasilitas darat untuk kelancaran sarana transportasi dan Danau Toba jadi satu kekuatan di sektor wisata,” ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa dalam ground breaking tersebut akan dilakukan beberapa penandatanganan berita acara kerja sama dengan semua pihak, termasuk kepada investor.

BACA: Wow, Rp495 Juta untuk Bangun Warung Kopi, Penataan Taman dan Lampu di Pusat Geopark

Karenanya, dia mendorong para bupati untuk menggunakan momentum groundbreaking Pusat Kaldera Toba tersebut dengan baik, dimana dari segi dana, pembangunan Toba Caldera Resort mendapat dukungan, baik dari sejumlah kementerian maupun pihak swasta.

Share this: