AKBP Agus Waluyo SIK: Saya Salut Sikap Toleransi Suku Batak

Share this:
Acara silaturahmi Kapolres Tobasa dengan masyarakat Kecamat Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa.

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com – Suasana hangat layaknya sebuah keluarga sangat terasa saat Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK berkunjung ke Kecamatan Siantar Narumonda dalam rangka silaturahmi dan temu ramah bersama warga desa se-Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa, Rabu (6/2/2019) di Aula Kantor Camat.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres turut didampingi Kabag Ops Kompol Jhonson Butarbutar, Kabag Rend Kompol Marzuki Karim, Kasat Intelkam AKP Drs.Antoni Rajagukguk, Kapolsek Porsea AKP Nafsanto, Danramil 13 Porsea Kapten Inf Meraiot Simanjuntak beserta jajarannya, yang diterima oleh Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan SH.

BACA: Mahasiswa Asal Tobasa Ciptakan Oven ‘Reinkarnasi Andaliman’

Pertemuan tersebut juga dihadiiri oleh perwakilan masyarakat, para kepala desa, sekdes, PPK, PPS, bawaslu kecamatan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama,Karang Taruna desa dan kecamatan, kepala sekolah SD,SMP dan SMA, mahasiswa/i dari Unirversitas HKBP Nommensen yang sedang PPL di Kecamatan Siantar Narumonda.

Dalam sambutannya, camat mengatakan bahwa silaturahmi dan temu ramah Kapolres Tobasa ini diharapkan semakin mendekatkan polisi dalam pelayanannya sebagai pelindung, pengayom dan penegak hukum di NKRI.

“Kita pun dapat merasakan kedekatan dengan polisi dan tidak ada rasa takut dan keraguan-raguan,” ujarnya.

Camat menjelaskan, Kecamatan Siantar Narumonda terdiri 14 desa dengan jumlah penduduk saat ini sebanyak 16.818 jiwa, dengan kehidupan mayoritas sebagai bertani/berkebun.

Camat juga menjamin bahwa menjelang Pileg dan Pilpres April 2019 nanti, suasana kondusif akan tetap terjaga di Tobasa, khususnya di Kecamatan Siantar Narumonda.

“Kepada seluruh peserta, supaya mendengarkan arahan Kapolres serta memberikan saran dan masukan kepada Kapolres Tobasa demi kenyamanan dan ke kondusifan Kecamatan Siantar Narumonda ke depan,” ujar camat.

Sementara, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya kepada masyarakat Batak. Dia menyebut bahwa masyarakat Batak sangat menjunjung tinggi toleransi dan hendaknya toleransi tersebut jangan hanya sebatas pengucapan semata.

“Saya salut dengan sikap toleransi suku Batak, terkhusus warga Kabupaten Tobasa, Kecamatan Siantar Narumonda. Saudara sekalian tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta kedamaian di wilayah Kabupaten Tobasa ini, khususnya di Kecamatan Siantar Narumonda. Tetaplah menjaga sikap dan menghargai berbagai perbedaan, baik agama dan suku yang ada di daerah ini,” tegasnya.

Kapolres mengatakan, selama bertugas dalam 3 bulan ini di Tobasa, dia mempelajari sikap dan perilaku warga Tobasa, yang tenyata memegang teguh sikap toleransi.

“Sikap toleransi ternyata sudah diajarkan mulai dari sejak dini yang pembelajaran dan pemahamannya diawali di lingkungan keluarga dan bukan hanya didapat dan diajarkan di sekolah,” ujar perwira dengan pangkat dua melati emas di pundaknya ini.

Share this: