Seluruh Desa di 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba Akan Dialiri Listrik

Share this:
Dok Panitia for BMG
Anggota DPD RI Parlindungan Purba dan peserta berfoto usai menggelar Seminar Sehari 'Menuju Elekrifikasi Desa 100 % Desa di Kawasan Danau Toba, bertempat di Gedung Serbaguna SMA Unggul DEL Laguboti, Jumat (27/7/2018).

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com– Target 2019, seluruh desa di 8 kabupaten kawasan Danau Toba akan mendapat fasilitas layanan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Untuk mendukung program tersebut, seluruh kepala daerah se-kawasan sudah harus mendata ulang wilayah masing-masing yang belum masuk listrik. Hasil pendataan selanjutnya diserahkan ke PLN dan Kementerian ESDM paling lama 31 Agustus 2018. Sehingga pembangunannya dapat direalisasi tahun ini.

Demikian disampaikan Parlindungan Purba SH MM, Ketua Komite II DPD RI, usai menghadiri Seminar Sehari bertajuk Menuju Elektrifikasi Desa 100 Persen di Kawasan Danau Toba, bertempat di Gedung Serbaguna SMA Unggul DEL, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (27/7/2018). Menurut Parlindungan, rencana listrik masuk desa se-kawasan Danau Toba sudah konkrit, karena PLN, ESDM dan para bupati se-kawasan Danau Toba hadir.

Intinya telah ada komitmen, kata Parlindungan, 2019 seluruh listrik desa harus terealisasi 100 persen di Kawasan Danau Toba.

“Pembiayaan sudah masuk APBN tahun ini,” ucapnya lagi.

Di samping itu, dalam mendukung destinasi pariwisata nasional Danau Toba, perlu diberikan perhatian khusus kepada objek-objek yang berhubungan dengan pariwisata. Seperti ketersediaan listrik di objek wisata, pelabuhan, dan fasilitas umum lainnya, termasuk sekolah.

“Pemda masing-masing siapkan fasilitas, listrik yang siapkan PLN,” pungkasnya.

Menurut Parlindungan, dengan perhatian berbagai pihak khususnya warga Tapanuli, pariwisata Danau Toba pasti terbangun. Seperti pembinaan dari Luhut B Panjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menkomaritim, juga para tokoh-tokoh yang memberi hati dan pikiran untuk Danau Toba.

Seminar kerjasama Kementerian ESDM RI, PT PLN, Pemprovsu, Akademisi Perguruan Tinggi dan sejumlah Tokoh-tokoh itu juga dihadiri perwakilan pemerintah dari 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba, yakni Tobasa, Taput, Humbahas, Samosir, Dairi, Karo, Pakpak Bharat dan Simalungun.

Share this: