Mangga Muara ‘Membanjiri’ Balige

Share this:
Salah seorang pembeli sedang membeli mangga.

BALIGE, BENTENGTAPANULI.com – Sejumlah warga KecamatanMuara, Tapanuli Utara (Taput) tampak tiba di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (6/7/2018) dengan membawa ratusan keranjang mangga.

Kehadiran warga dengan menumpang tiga unit kapal motor(KM) langsung disambut para toke dan pengumpul di pelabuhan. Dan, seketika suasana Pasar Balige yang berada di sekitar pelabuhan itu ramai dengan transaksi jual beli buah mangga.

S Rajaguguk, salah seorang pemasok mangga ke Balige mengatakan bahwa harga mangga yang ia jual kepada toke Rp6 ribu 000 per kg. Harga ini naik signifikan dibanding minggu lalu yang hanya Rp2 ribu per kg.

“Sekarang masa panen sudah mulai habis, bahkan saat ini banyak pohon mangga sudah memasuki masa sambaing (tidak berbuah, red),” ujarnya.

Sementara, Santoso Sianturi yang merupakan pengawas Pasar Balige mengatakan bahwa sistem perdagangan di pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Balige sudah berlangsung sejak lama. Dan, di sini, transaksi dilakukan secara cepat-kilat.

Hubungan warga dengan toke sudah terlaksana sejak lama dan komunikasinya tetap berlanjut, sehingga begitu tiba barang dengan menggunakan kapal, maka seluruh bentuk dagangan pasti laku.

“Di sini perdagangan sudah seperti keluarga, tidak ada yang sulit. Begitu ada permasalahan, khususnya masalah harga, tidak berlarut-larut dengan cepat ada solusi,” ujarnya.

Share this: