Tiga Anggota DPRD Tapteng Ditahan Polda, Awaluddin dan Sintong Segera

Share this:
BMG
Petugas Tipikor Polda Sumut saat menggeledah Kantor DPRD Tapteng, Selasa (4/12/2018).

TAPTENG, BENTENGTAPANULI.com– Penyidik Unit 1 Subdit III Ditreskrimsus Polda Sumut menahan tiga Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Ketiganya diduga melakukan tindak pidana korupsi mark up (penggelembungan) biaya perjalanan dinas ke luar daerah Tahun Anggaran (TA) 2016/2017.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, ketiga tersangka yang ditahan yakni Julianus Simanungkalit, Jonias Silaban, dan Hariono Nainggolan. Ketiganya ditahan setelah diperiksa sebagai tersangka.

“Penyidik sempat melakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim dari Biddokes Polda Sumut. Selanjutnya 3 orang tersangka ini diserahkan ke Dittahti Polda Sumut untuk kemudian dilakukan penahanan berdasarkan Surat Perintah Penahanan,” kata Tatan, Senin (3/12/2018).

Menurut Tatan, ketiga tersangka ini telah dilakukan panggilan secara patut sebanyak dua kali, namun tidak hadir tanpa alasan jelas. Kemudian penyidik Unit 1 Subdit III Ditreskrimsus melakukan penjemputan paksa terhadap ketiganya.

“Jadi, sebelumnya penyidik sudah melayangkan surat panggilan. Namun yang bersangkutan tidak hadir. Sehingga ketiganya diperiksa setelah dijemput melalui Surat Perintah Membawa dan Menghadapkan tersangka,” kata Tatan.

(Baca: Baru Bebas dari Kasus Suap, Eks Bupati Tapteng Kembali Ditahan)

(Baca: Dugaan Korupsi Rehabilitasi Irigasi di Tapteng, Kejatisu Tetapkan 4 Tersangka)

Sedangkan, dua Anggota DPRD Tapteng lainnya yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama, yakni Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah Awaluddin Rao dan Sintong Gultom, penyidik tengah menjadwalkan pemanggilan ulang.

“Surat panggilan kepada kedua tersangka ini akan dilayangkan kembali,” ujarnya.

Share this: