Bertemu Bos PLN Sumut yang Baru, Wagub Minta Fokus Bangun Jaringan di Danau Toba

Share this:
Pertemuan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dengan GM PT PLN UIW Sumut yang baru, M Irwansyah Putra di Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (19/11/2019).

MEDAN, BENTENGTAPANULI.com – Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meminta agar PLN fokus membangun jaringan di kawasan objek wisata. Hal tersebut ia sampaikan saat menerima kunjungan GM PT PLN UIW Sumut yang baru, M Irwansyah Putra, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (19/11/2019).

“Sekarang ini kita sedang kuat-kuatnya untuk mengembangkan pariwisata Sumut dan saat ini yang menjadi fokus utama adalah Danau Toba. Jadi, kami pemerintah tentu berharap kepada Pak Irwansyah melanjutkan keselarasan program Pemprov Sumut dengan PLN,” ujarnya.

BACA: Seluruh Desa di 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba Akan Dialiri Listrik

Diketahui bahwa pada 29 Oktober 2019 lalu, PT PLN telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pelindo III untuk memasok listrik di 10 destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Danau Toba. Ini tentunya akan mempercepat pengembangan Danau Toba.

Bukan hanya objek wisata prioritas, Musa Rajekshah juga berharap PT PLN bisa memenuhi kebutuhan listrik desa-desa di Sumut, terutama di Nias.

“Selain Danau Toba, desa juga perlu kita perhatikan, terutama Nias, karena di Nias masih banyak yang belum menikmati listrik. Ini tentu menghambat perkembangan Nias,” tambah Ijeck, sapaan akrabnya.

Sementara, Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua yang hadir pada audiensi ini membenarkan bahwa masih banyak desa di Nias yang belum dialiri listrik. Dia berharap GM PT PLN yang baru dapat memfokuskan pelayanan kelistrikan di Nias.

BACA: 2019 Nias Terang, PLN Sepakati MoU dengan Pemda

Menanggapin ini, GM PT PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra menyampaikan bahwa keselarasan program-program PT PLN dengan Pemprov Sumut akan semakin meningkat ke depannya, karena memiliki misi yang sama.

“Saya melanjutkan pekerjaan pimpinan PLN sebelumnya yang sudah punya hubungan baik dengan Pemprov Sumut. Sekarang kita fokus ke pelayanan kelistrikan di Danau Toba dan PT PLN memang sudah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan ini,” kata Irwansyah Putra.

Share this: