Semua Harus Kompak, Tim Asesmen akan Datang Menilai Kaldera Toba

Share this:
Geosite Sipinsur di Kabupaten Humbahas.

MEDAN, BENTENGTAPANULI.com – Tim Asesmen Geopark Kaldera Toba akan datang mengunjungi Kaldera Toba melakukan penilaian pada 1-4 Agustus 2018.

Menjelang penilaian itu, Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi memimpin Rapat Persiapan Kedatangan Tim Asesmen Geopark Kaldera Toba di Ruang Kaharuddin Nasution, Kantor Gubsu Medan, Selasa (24/7/2018).

“Saya minta kepada sekda tujuh kabupaten maupun kepala dinas pariwisata yang hadir di sini untuk bekerja sama, semaksimal mungkin, kita gerakkan OPD dan instansi-instansi terkait untuk membantu mensukseskan cita-cita kita mewujudkan Geopark Kaldera Toba yang diakui dunia, khususnya saat menyambut kedatangan tim asesmen bulan Agustus nanti, tampilkan yang terbaik,” tegas Sabrina.

Sabrina mengimbau agar segala hal terkait penyambutan Tim Asesmen dari pusat diperhatikan sedetail mungkin. Bahkan, hal-hal kecil seperti pembungkus makanan yang disajikan pun harus diperhatikan. Penggunaan plastik harus dikurangi.

“Plastik itu sangat berbahaya untuk lingkungan, saya berharap kita kurangilah,” ujarnya.

Sabrina pun memberikan masukan agar masyarakat dan produk-produk lokal diberdayakan selama proses penyambutan.

“Walaupun mungkin dari dinas pariwisata sudah menyiapkan guide yang terlatih secara professional, tidak ada salahnya masyarakat lokal juga diikutsertakan sebagai pendamping agar mereka bisa belajar. Hal ini karena mereka lah yang paling paham dan akan terus berada di sana. Begitu pula makanan. Sajikan kopi-kopi lokal, jangan produk luar,” imbaunya.

Dia juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja keras. Ia menyemangati peserta rapat agar terus semangat dan optimis. Hal ini karena keberhasilan Kaldera Toba sebagai geopark dunia nantinya juga akan memberikan rasa bangga bagi Sumut, khususnya 7 kabupaten di sekitar Kaldera Toba.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Hj Wan Hidayati MSi melaporkan, telah melakukan persiapan maksimal untuk menyambut tim asesmen pusat.

Menurut rencana yang telah disiapkan, tim asesmen akan dibawa mengunjungi Geosite Hutaginjang, Geosite Sipinsur, Geosite Balige, Eden Park, Sibaganding, Tuk Tuk, Tomok dan Ambarita.

“Daerah prioritas yang akan kita kunjungi itu Geosite Hutaginjang dan Sipinsur. Karena di dua site tersebut yang paling banyak bukti kekayaan yang dimiliki Geopark Kaldera Toba, baik dari segi geologi, sejarah, budaya maupun faktor pendukung lainnya,” terangnya.

Kepada para peserta rapat, Hidayati juga kembali mengingatkan lima nilai unggul Geopark Kaldera Toba yang harus diingat.

Kelima nilai tersebut yakni Super-volcano, Super big volcanic lake, Super unique bataknese ethnic, super beautiful landscape, dan super unique biodiversity. “Saya berharap ini kita ingat bersama, jangan sampai ketika ditanyakan oleh tim asesmen kita tidak tahu. Malu kita,” tuturnya.

Share this: