Djoss Menang Tipis di Sibolga

Share this:
Rapat pleno penghitungan suara Pilgub Sumatera Utara oleh KPUD Kota Sibolga.

SIBOLGA, BENTENGTAPANULI.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sibolga menggelar rapat pleno perhitungan rekapitulasi suara pemilihan Gubernur Sumatera Utara tahun 2018 di Aula Topaz Hotel Wisata Indah, Jumat (6/7/2018).

Rapat pleno tersebut merupakan bagian akhir tahapan pilgubsu yang dilakukan di tingkat kota untuk selanjutnya dibawa ke tingkat provinsi untuk rekapitulasi penentuan Gubernur Sumut periode 2018-2023.

Hasil perhitungan, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus unggul dengan perolehan 19.019 suara, berbanding tipis dengan paslon nomor urut 1 Edy Rahmayadi-Musa Rajeksha 16.507 suara.

Dari hasil perhitungan, suara yang diraih paslon Eramas, yakni di Kecamatan Sibolga kota 3.380 suara, Sibolga Sambas 4.902, Sibolga Selatan 6.745 dan Sibolga Utara 1,480 suara. Sedangkan Paslon Djoss unggul di Kecamatan Sibolga Utara dengan suara yang diraih 7.909 suara, Kecamatan Sibolga Kota 3.129, Sibolga Sambas 3.040 dan Sibolga Selatan 4,941 suara.

Ketua KPUD Sibolga Nadzran yang memimpin rapat pleno rekapitulasi menyampaikan, dari seluruh jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 60.891 orang, yang menggunakan hak suara sebanyak 35.762 orang.

“Hasil rekap perhitungan, yang menggunakan hak pilih yang terdaftar di DPT, kemudian pengguna hak pilih dalam DPPh dan Pengguna hak pilih menggunakan e-KTP atau suket (surat keterangan), seluruhnya 35.762 atau sekitar 60 persen yang menggunakan hak pilihnya,” ungkap Nadzran.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sibolga yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sumut 2018 di Kota Sibolga.

“Kita bersyukur pelaksanaan pilgubsu sukses dan berjalan dengan baik, ini tidak terlepas dari peranan seluruh komponen yang ada, dan hasil rekap ini nantinya akan kami sampaikan ke KPU Provinsi untuk dibacakan dan di rekap untuk menetapkan pemenang,” ucap Nadzran didampingi empat orang Komisioner KPUD, yakni Salmon Tambunan, Asa Dame Simanjuntak, Aswin Chaniago dan Aminsyah Simamora.

Share this: