Ini Permintaan Bupati Samosir kepada Raja Belanda

Share this:
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti diulosi saat menginjakkan kaki ke Tanah Batak.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Pada Kamis (12/3/2020), Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti menginjakkan kaki di Tanah Batak. Sesampainya di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII di Silangit, Raja dan Ratu langsung berkunjung ke sejumlah tempat di Kabupaten Toba dan Samosir.

BACA: Raih Indonesia Awards 2019, Bupati Samosir Tampil Nyentrik Berbalut Pakaian Adat

Tempat yang pertama dikunjungi adalah Bukit Singgolom di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo yang turut mendampingi Raja dan Ratu Belanda saat itu menerangkan proses terjadinya Danau Toba, dimana danau terbentuk dari hasil tiga erupsi besar, mulai dari erupsi 800 ribu tahun, 500 ribu hingga terakhir 74 ribu tahun lalu.

Dia juga menerangkan bahwa saat ini pemerintah sedang giat membangun Danau Toba dan termasuk dalam salah satu destinasi super prioritas. “Apalagi Danau Toba ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Kita berharap dari pihak Belanda merespons soal investasi, paling tidak melakukan join promotion membawa turis ke sini. Karena Danau Toba memang sangat menarik,” ujarnya.

Sekitar 15 menit di Bukit Singgolom, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Dusun Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Di sana, Raja dan Ratu Belanda melihat Rumah Adat Batak yang sudah berusia 400 tahun.

BACA: Sah! Kabupaten Toba Samosir Berganti Nama

Dari sini, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Samosir. Melalui perjalanan danau, rombongan menyeberang ke Ecovillage Silimalombu, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir. Di desa ini, Raja Willem yang mengenakan setelan jas berwarna emas dan Ratu Maxima memakai dress berwarna peach bermotif bunga disematkan Ulos Batak oleh BUpati Samosir Rapidin Simbolon. Bupati juga memberikan hasapi, alat musik tradisional Batak kepada Raja dan Ratu.

Share this: