HUT Kabupaten Samosir: Berjuang Untuk Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing

Share this:
BMG
Bupati-Wakil Bupati Samosir, Effendi Simbolon, unsur Forkopimda dan kepala daerah sekawasan Danau Toba, saat akan memotong kue ulang tahun dalam perayaan HUT Kabupaten Samosir ke-16.

SAMOSIR, BENTENGTAPANULI.com – Sejak mekar dari Kabupaten Toba Samosir (Toba), usia Kabupaten Samosir sudah memasuki 16 tahun. Dan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Samosir ke-16 digelar pada Kamis (27/2/2020) di Halaman Kantor Bupati Samosir, Jalan Rianiate, Kecamatan Pangururan.

BACA: Berbagi Saran Demi Percepatan Kemajuan Pariwisata Samosir

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI Effendi Simbolon yang juga Ketua Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI), Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Nakerkoperindag, kepala daerah sekawasan Danau Toba, yaitu Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, Sekda Tobasa Audy Murphy Sitorus, mewakili Bupati Humbahas serta Forkopimda Kabupaten Samosir.

Perayaan ini diawali kebaktian dengan khotbah yang disampaikan Pdt Donald Pieter Sinaga STh. Dalam khotbahnya, pendeta mengajak kita untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah, rendah hati, mengasihi orang-orang yang lebih lemah dari kita dan mencintai rumah Tuhan.

Acara juga diisi dengan pertunjukan Tortor yang diiringi gondang Batak, pemotongan kue serta penyematan Ulos oleh Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga dan unsur Forkopimda.

BACA: Raih Indonesia Awards 2019, Bupati Samosir Tampil Nyentrik Berbalut Pakaian Adat

Effendi Simbolon dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya akan Samosir, yang diberkahi oleh keindahan. Dia berharap masyarakat dapat bergandengan tangan dalam membangun Samosir. Sebab, jika dana dari pusat begitu banyak dialokasikan ke Samosir, namun masyarakat tidak satu dalam mendukung pembangunan, anggaran tersebut seakan tak berarti.

“Semua masyarakat Samosir harus bermesraan dalam pembangunan. Lihat Bupati dan Wakil Bupati Samosir, yang sangat mesra dalam berjuang melaksanakan pembangunan. Karenanya, kita harus bersatu bergotong royong, jangan malah nantinya pembangunan terus berlangsung, tetapi masyarakat malah makin melarat,” ujarnya.

Bupati-Wakil Bupati Samosir, Effendi Simbolon, unsur Forkopimda mangulosi undangan dari kepala daerah sekawasan Danau Toba dan para mantan Bupati Samosir dalam perayaan HUT Kabupaten Samosir ke-16.

Dia juga mengapresiasi Pemerintah Pusat yang memberikan perhatian khusus kepada Samosir. “Dan, itu yang saya banggakan adari adik saya ini (Bupati Samosir Rapidin Simbolon, red), kemampuannya yang sangat baik melobi anggaran pusat untuk dialokasikan ke Samosir,” ujar politisi PDIP ini.

BACA: Peringatan Hari Kopi Internasional: Ayo Perkenalkan Kopi Samosir kepada Dunia!

Dikatakan, ada 534 kabupaten/kota di Indonesia, namun Samosir yang mendapat perhatian paling besar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Effendi mengatakan, ada dana sebesar Rp4,6 triliun yang akan dialokasikan ke Samosir.

Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM pun mengapresiasi bantuan yang diberikan Effendi Simbolon. Bupati mengatakan bahwa Effendi Simbolon begitu banyak membantu untuk membuka jalan di DPR RI maupun di Pemerintah Pusat, bagaimana agar bupati mendapatkan jaringan untuk melobi dana pusat agar dialokasikan ke Samosir.

“Terima kasih banyak saya sampaikan kepada Abang. Abang begitu banyak membantu saya, membuka jalan di DPR dan pemerintah pusat. Semoga cita-cita kita untuk membangun kampung halaman kita ini dapat terwujud,” ujar bupati.

BACA: Presiden Jokowi ke Samosir Monitoring Proyek Nasional

Dia juga meminta agar masyarakat dapat bersatu, baik sesama masyarakat mamupun dengan pemerintah, untuk bersama-sama membangun Samosir. Bupati juga mengajak masyarakat Samosir untuk berperilaku sesuai yang disampaikan pendeta, yakni mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah dan pekerjaan, rendah hati serta mengasihi orang yang lebih lemah dari kita. Bupati juga meminta agar masyarakat Samosir dan pemerintah sama-sama berjuang menjadikan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing.

Share this: