Pesona Humbahas: Wujud Pelestarian Budaya

Share this:
Bupati Humbahas mengunjungi stand-stand UKM pada acara Pesona Humbahas sebagai ajang promosi wisata daerah itu.

HUMBAHAS, BENTENGTAPANULI.com – Pesona Budaya Humbahas (Humbang Hasundutan) yang digelar di Kecamatan Baktiraja merupakan bukti Pemkab Humbahas sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang ditanamkan kepada generasi muda.

“Kita berhatrap event seperti ini terus dilaksanakan yang nantinya dapat disuguhkan kepada wsatawan sebagai salah satu daya tarik wisata budaya yang ada di Sumatera Utara,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo MBA yang disampaikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut DR Ir Hj Hidayati MSi saat pembukaan pesona Humbahas, Selasa (10/7/2018) di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas.

Melalui pesona ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap daerah yang ada di Sumut, khususnya di Humbahas. Selain itu, juga dapat membangun semangat bagi para seniman dan generasi muda untuk berkarya lebih baik lagi untuk meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan daerah sehingga tidak punah akibat pengaruh budaya asing.

Dalam mendukung pariwisata ini, direncanakan akan dibangun galeri atau museum di kawasan Danau Toba yang dipusatkan di Humbahas. Dikatakan. rencana ini bisa terealisasi jika ada dukungan masyarakat dan pemerintah setempat.

“Di Humbang Hasundutan banyak sekali potensi wisata yang dapat digali, salah satunya adalah kebudayaan tentang losung, termasuk pustaha laklak,” ujar Pj Gubsu.

Sementara, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengawali sambutannya terlebih dahulu menyampaikan bela sungkawa atas musibah kecelakaan kapal yang terjadi di kawasan Danau Toba beberapa waktu lalu.

Bupati Humbahas menjelaskan bahwa kabupaten ini memiliki berbagai potensi pariwisata, antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, agrowisata dan ekowisata. Potensi-potensi ini sangat layak untuk dikembangkan dan dipromosikan.

Share this: