Nama Kabupaten Tobasa akan Diganti, Ini Nama Barunya…

Share this:
Workshop pembahasan pergantian nama Kabupaten Toba Samosir.

TOBASA, BENTENGTAPANULI.com – Untuk mempertegas identitas dan menghindari persepsi keliru masyarakat umum yang kerap menganggap Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) identik dengan Kabupaten Samosir, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), 20 tahun silam ini, maka Tobasa diusulkan berubah nama menjadi Kabupaten Toba.

Naskah akademik perubahan nama daerah Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba itu juga telah selesai disusun oleh sejumlah pakar dari berbagai bidang. Direncanakan, naskah itu akan diserahkan ke DPRD Tobasa bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tobasa yang ke-20, 9 Maret 2019 mendatang.

BACA: Mahasiswa Asal Tobasa Ciptakan Oven ‘Reinkarnasi Andaliman’

Salah seorang tim penyusun naskah, Manguji Nababan mengatakan, selain menghindari persepsi keliru, usulan perubahan nama itu juga dikarenakan kekhasan sub suku Batak Toba di kabupaten itu.

“Sebagaimana kajian antropologis, suku Batak Toba dibagi atas 4 sub suku. Terdiri dari Samosir (di Pulau Samosir), Silindung (Tapanuli Utara), Humbang (Humbang Hasundutan) dan Toba Holbung (Toba Samosir). Dimana ada perbedaan adat di masing-masing sub suku itu. Naskah akademik itu nantinya akan dituangkan dalam satu keputusan DPRD Toba Samosir,” ujar Manguji yang merupakan pakar budaya Batak ini, Rabu (6/3/2019).

Selain Manguji, tim penyusun naskah akademik juga melibatkan berbagai pakar dari berbagai bidang, seperti DR Haposan Siallagan SH MH (hukum), DR Pantas H Silaban SE MBA (pariwisata), Prof DR Pasaman Silaban MS BA (keuangan dan strategi), DR Raya Panjaitan SE MM (keuangan, perbankan dan ekonomi).

BACA: Serunya Festival Solu Tradisional Tobasa 2018 Bikin Penonton Terpingkal-pingkal

Kemudian, DR Ferry Panjaitan SE MSi (sumber daya manusia/ASN), DR T Sihol Nababan SE MSi (pembangunan wilayah dan ekonomi), DR Kornel Munthe SE MSi (keuangan dan ekonomi), Simon Sitanggang SE dan Andri Silalahi SE (sekretariat).

Share this: