Jokowi Lantik 5 Dubes, 1 Diantaranya Bermarga Napitupulu

Share this:
Presiden Jokowi melantik 5 duta besar untuk negara sahabat.

JAKARTA, BENTENGTPANULI.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima duta besar Republik Indonesia untuk sejumlah negara sahabat. Prosesi pelantikan dilakukan usai melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Gubernur Jambi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Pengangkatan para duta besar ini berdasarkan Keputusan Peresiden Nomor 17/P Tahun 2019, yang ditetapkan pada 12 Februari 2019.

Dan, salah satu dubes yang dilantik adalah Berlian Napitupulu sebagai Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Korea, yang berkedudukan di Pyongyang.

Selain Berlian Napitupulu, para dubes yang dilantik, yaitu Andriana Supandi sebagai Duta Besar RI untuk Papua Nugini merangkap Kepulauan Solomon, berkedudukan di Port Moresby. Kemudian, Mochammad Chandra Widya Yudha sebagai Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, berkedudukan di Beograd.

BACA: Ketua DPR Iri dengan Anak Medan

Selanjutnya, Hasrul Azwar MM sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania, berkedudukan di Rabat dan Kenssy Dwi Ekaningsih sebagai Duta Besar RI untuk Republik Ceko, berkedudukan di Praha.

Selain itu, Jokowi juga menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) dari negara sahabat yang berkedudukan di dalam maupun di luar Indonesia.

Setidaknya, ada 11 duta besar yang menyerahkan surat kepercayaan tersebut langsung kepada Jokowi di Istana Merdeka, usai melakukan berbagai rangkaian acara.

11 dubes tersebut, 8 di antaranya berkedudukan di Jakarta. Sementara satu lainnya ditempatkan di Canberra, Australia dan 2 ditempatkan di Tokyo, Jepang.

“Dari 11 dubes tersebut, komposisinya dari Eropa ada tiga, Afrika ada tiga, Amerika Latin ada empat dan satu dari Timur Tengah,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut pun menandai dimulainya penugasan para duta besar di Indonesia. Adapun 11 duta besar negara sahabat yang diterima Jokowi, yaitu:
* Gustavo Ayares Ossandon, Chile
* Riadh Dridi, Tunisia
* Mr Jaroslav Chlebo, Slovakia
* Abas Benz Kono, Suriname
* Mr Carlos Antonio Moreno, Guiena Bissau
* Juan Camilo Valencia Gonzales, Kolombia
* Esam A. Abid Althagafi, Arab Saudi
* Radames Jesus Gomez Azuaje, Venezuela
* Jurij Rifeij, Slovenia (berkedudukan di Canberra)
* Felix Ngoma, Kongo (berkedudukan di Tokyo)
* Gediminas Varvuolis, Lithuania (berkedudukan di Tokyo).

Share this: