Wow! Bandara Sisingamangaraja XII akan Diperluas

Share this:
Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit

JAKARTA, BENTENGTAPANULI.com – Kabar baik kembali menaungi masyarakat kawasan Danau Toba. PT Angkasa Pura (AP) II akan memperluas Bandara Internasional Sisingamangaraja XII di Silangit, untuk menyambut lebih banyak wisatawan yang ingin berlibur di Danau Toba.

“Bandara Silangit merupakan akses utama bagi wisatawan untuk bepergian ke Danau Toba yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi ‘Bali Baru’. Karena itu, AP II berkomitmen menjaga dan meningkatkan pelayanan di Bandara Silangit melalui berbagai pengembangan infrastruktur,” ujar Presdir AP II Muhammad Awaluddin, Sabtu (9/2/2019).

BACA: Silangit Itu Nama Keramat hingga Nama Bandara Sisingamangaraja XII Pun Ditolak

Dijelaskan, perluasan terminal diperlukan karena saat ini jumlah pergerakan penumpang sudah hampir menyentuh kapasitas existing.

“Terminal di Bandara Silangit harus diperluas menjadi berkapasitas satu juta penumpang per tahun. Sejak Bandara Silangit direvitalisasi dan ada penerbangan langsung dari Jakarta, pariwisata di kawasan Danau Toba memang tumbuh cukup pesat,” ujarnya.

Dikatakan, terminal penumpang pesawat di Bandara Silangit akan diperluas lima kali lipat atau dari saat ini 2.500 meter persegi menjadi 10.499 meter persegi.

BACA: Terkait Nama Bandara Sisingamangaraja XII, Ketua DPRDSU Peringatkan Bupati Taput

Dengan perluasan terminal itu, Bandara Silangit bisa mengakomodir pergerakan penumpang hingga satu juta orang per tahun, dari saat ini sekitar 500 ribu penumpang, dimana jumlah penumpang pesawat di Bandara Silangit memang terus tumbuh signifikan setiap tahun.

Pada 2016 pergerakan penumpang tercatat 155.214 orang, lalu naik 82 persen pada 2017 menjadi 282.586 orang. Kemudian pada 2018 mencapai 425.476 orang atau naik 50,56 persen dibandingkan dengan 2017.

Share this: